Jumat 31 Desember 2021, 11:59 WIB

PSI Pertanyakan Kajian Pemilihan Lokasi Sirkuit Formula E

Hilda Julaika | Megapolitan
PSI Pertanyakan Kajian Pemilihan Lokasi Sirkuit Formula E

ANTARA/Aprillio Akbar
Petugas berada lokasi yang akan dibangun Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

 

WAKIL Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mempertanyakan wilayah lintasan Formula E Jakarta yang ternyata di tanah lokasi pembuangan lumpur. Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mempunyai perencanaan yang terukur.

“Ini yang terjadi kalau perencanaan termasuk penentuan trek tidak dikaji dulu. Tidak ada rencana terukur,” kecam Anggara dalam keterangan resmi, Jumat (31/12).

Keputusan pemilihan lokasi sirkuit ini, menurut Anggara, tidak memiliki proses yang terbuka. Dia juga menduga pemilihan lokasi sirkuit Formula E Jakarta tidak memiliki studi kelayakan.

Baca juga: Pembangunan Sirkuit Formula-E Ditaksir Telan Anggaran Rp100 Miliar

“Makanya, dari awal, kami bilang harus ada transparansi karena ini acara yang pakai uang rakyat dan di atas tanah perusahaan daerah pula. Jangan-jangan penentuan trek ini belum ada studi kelayakannya,” tambah Anggara.

Anggara meminta Anies belajar dari uji coba pembangunan sirkuit Formula E yang merusak cagar budaya Monas. Menurutnya, kompensasi yang harus dibayar untuk pelaksanaan kegiatan ini sangat besar.

“Kami ingatkan jangan sampai ada kerugian atau kerusakan lingkungan akibat pembangunan sirkuit Formula E karena perencanaan yang tidak hati-hati. Terlalu banyak yang harus kita bayar, biaya cagar budaya yang rusak, pohon, dan lain-lain, sementara event ini tidak jelas manfaat langsungnya di tengah situasi pandemi seperti sekarang,” tutup Anggara. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Usai Lebaran, 1.818 Pendatang Mendaftar Jadi Warga Kota Bekasi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:30 WIB
Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufik Rahmat Hidayat mengatakan data tersebut berdasarkan akumulasi...
Medcom.id

5 Anggota Geng Motor Diringkus Polisi, Sebagian Besar Dibawah Umur

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 16:30 WIB
Para pelaku diketahui merupakan kelompok Geng Motor "Jakarta Mystery", aksi mereka viral di media sosial Instagram setelah...
MI/SUSANTO

Bukan Hanya Thamrin-Sudirman, Ada 5 Lokasi Alternatif Untuk CFD

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:15 WIB
CFD mulai berlaku pada hari Minggu, 22 Mei 2022 besok dimulai pada pukul 06.00 sampai pukul 10.00...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya