Jumat 24 September 2021, 18:13 WIB

Pemprov DKI Minta Kemendikbud Hati-Hati Gunakan Istilah Klaster Covid-19 untuk PTM

Selamat Saragih | Megapolitan
Pemprov DKI Minta Kemendikbud Hati-Hati Gunakan Istilah Klaster Covid-19 untuk PTM

Antara
Ilustrasi PTM

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lebih berhati-hati merilis data klaster Covid-19 di sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

 

"Kita perlu hati-hati dalam memakai istilah klaster," kata Dwi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (24/9)

 

Dwi menyampaikan, kasus Covid-19 dalam data hasil survei Kemendikbud terjadi sebelum pembelajaran tatap muka berlangsung. Dengan demikian, data klaster Covid-19 yang dirilis Kemendikbud tidak sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan masa PTM.

 

Karena itu, lanjutnya, hasil survei Kemendikbud terkait klaster siswa masa PTM itu keliru. Dwi menjelaskan, definisi klaster sekolah adalah ditemukan minimal dua kasus dan terbukti secara epidemiologi penularannya terjadi di sekolah pada waktu yang berdekatan.

"Mayoritas kasus yang ada saat ini adalah kasus yang berdiri sendiri (hanya satu kasus), bukan menjadi klaster," katanya.

Data yang diberikan Disdik DKI Jakarta per 22 September 2021, ditemukan kasus Covid-19 di enam sekolah yang menggelar PTM. Dari enam sekolah, hanya ada satu yang disebut klaster PTM, yaitu di SDN 03 Klender.

Data klaster PTM yang dirilis Kemendikbud juga dibantah Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana. Dia mengatakan, dari 25 klaster sekolah yang disebut Kemendikbud, hanya ada dua sekolah yang sedang menggelar PTM yaitu SMP Cindera Mata Indah dan SMKS Yadika 2 Jakarta. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto.

Sejarah Monumen Nasional

👤Miskah Syifa Putri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 19:00 WIB
Sejarah Monas dimulai setelah pusat pemerintahan Republik Indonesia kembali ke Jakarta dari Yogyakarta pada...
Ist

Tak Hanya Pembelajaran, Sekolah St. Johannes Berchmans Tawarkan Pembinaan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 18:43 WIB
Sekolah St. Johannes Berchmans dibangun untuk membentuk generasi muda yang bukan hanya unggul dari sisi akademik tapi juga...
MI/Andri Widiyanto

Kapasitas KRL Naik Jadi 80%, Penumpang Masih Wajib Bermasker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 18 Mei 2022, 18:14 WIB
Kereta komuter di wilayah aglomerasi, termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo, diperkenankan melayani pengguna hingga 80%, atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya