Jumat 24 September 2021, 14:29 WIB

Anies Ingin Banjir di Jakarta Surut Dalam Enam Jam

Selamat Saragih | Megapolitan
Anies Ingin Banjir di Jakarta Surut Dalam Enam Jam

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Banjir di kawasan Kampung Pulo, Jakarta pada tahun 2018.

 

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, batas waktu enam jam maksimal untuk banjir harus surut. Hal itu ditentukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, merupakan angka yang pasti.

"Waktu enam jam merupakan angka yang saya kira cukup bijak," kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/9).

Riza menambahkan, jika angka yang dipilih kurang dari itu, akan sulit tercapai karena tidak mudah untuk mengatasi banjir. Sebab, intensitas hujan semakin tinggi sehingga tidak bisa mematok air surut dalam waktu yang cukup singkat.

Sebelumnya, hal itu dilontarkan Anies melalui instruksinya tentang penanganan banjir di DKI Jakarta harus surut kurang dari enam jam.

"Saya kira tiga jam juga tidak mudah kan itu tergantung debit hujan, tidak bisa bagi kita untuk memprediksinya," ujar Riza.

Politikus Partai Gerindra itu menyebutkan, target banjir surut dalam waktu enam jam merupakan kemajuan dalam penanggulangan bencana banjir.

Baca juga: BMKG: Hujan Disertai Petir di Jaksel, Jakbar dan Jaktim

Sebab, tambahnya, biasa kalau banjir di Jakarta seringkali surut dalam beberapa hari, jarang terjadi dalam hitungan jam.

"Selama ini banjir pernah sampai 1-2 hari, alhamdulillah dalam beberapa tahun ini kan (waktu surut) kan turun," kata Riza.

Sebagai informasi, Anies kembali memberikan instruksi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta agar penanganan banjir Ibu Kota harus surut kurang dari 6 jam.

"KPI (Key Perfomance Indicator) yang diharapkan Pak Gubernur kurang dari 6 jam," ujar Plt Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto.

Target banjir enam jam surut bukan kali pertama diminta Anies dalam penanganan banjir Jakarta.

Pada saat apel siaga musim hujan 4 November tahun lalu, Anies menyebut banjir Jakarta harus surut dalam waktu enam jam.

Anies mengatakan, indikator kesuksesan penanganan banjir di Jakarta pertama adalah tidak menelan korban jiwa. Kedua, genangan ait (banjir) harus surut dalam waktu enam jam," kata Anies. (Ssr)

Baca Juga

Antara/Reno Esnir.

Proses Hukum Anggota TNI Bantu Rachel Vennya masih Berjalan

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 20:16 WIB
Herwin mengatakan sejauh ini diketahui hanya dua anggota TNI itu yang membantu Rachel kabur dari...
Medcom.id/Mohamad Rizal.

Dua Pria Curi Truk Ekspedisi di Tanah Abang

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 17:58 WIB
Saat situasi sudah sepi pada dini hari dan tidak ada petugas keamanan yang berjaga, para pelaku langsung melancarkan aksi kriminal...
DOK MI.

Pelaku Eksibisionis di Dukuh Atas Dijerat Pasal Berlapis

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 16:44 WIB
Pelaku dijerat Pasal 36 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dengan ancaman hukumannya di atas 5 tahun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya