Kamis 09 September 2021, 12:56 WIB

Pemprov DKI Antisipasi Potensi Cuaca Ekstrem

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Antisipasi Potensi Cuaca Ekstrem

ANTARA FOTO/Rahmad
Awan hitam Cumulonimbus bergelayut di langit Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Selasa (22/10).

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bersiap mengantisipasi potensi cuaca ekstrem pada musim hujan kali ini. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan, jajaran Pemprov DKI sudah diminta bersiap dengan curah hujan yang semakin tinggi setiap tahunnya.

"Prinsipnya kami minta tiap jajaran siap siaga. Tidak kalah penting masyarakat siap siaga terutama di daerah-daerah yang setiap tahunnya tergenang oleh air begitu juga banjir rob, banjir kiriman, banjir lokal," ungkap Ariza.

Baca juga: Ingin Menentukan Arah Mata Angin? Gunakan Cara ini!

Salah satu program yang digalakkan Pemprov DKI untuk mengendalikan genangan banjir yakni pembuatan sumur resapan di daerah cekungan. Sebanyak 24 sumur resapan dibuat Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur di dua sekolah wilayah Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Pembangunan progres sumur resapan itu dibuat di SD Negeri 01 dan SD Negeri 05 Pisangan Baru dengan masing-masing 12 Sumur Resapan.

Lurah Pisangan Baru, Suspinah, mengatakan, pembuatan sumur resapan di masing-masing sekolah tersebut memiliki ukuran 3 meter dengan luas berukuran 1 meter.

"Semoga pembangunan sumur resapan ini dapat segera rampung, sehingga saat musim hujan turun dapat bermanfaat dalam meminimalisir genangan," katanya saat dikonfirmasi.

Ia pun menambahkan, keberadaan sumur resapan ini menambah jumlah sumur resapan di wilayahnya. Keberadaan sumur resapan tersebut, selain untuk mengatasi genangan juga sebagai penampungan air bersih serta untuk menjaga kualitas tanah agar tetap subur.

"Semoga pengerjaan sumur resapan ini selesai dalam waktu cepat," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah.

Dinkes DKI: Varian Omicron Belum Ditemukan di Jakarta

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 08 Desember 2021, 19:32 WIB
Dinkes Provinsi DKI Jakarta mendapatkan hasil pemeriksaan WGS melalui Litbangkes Kemenkes RI secara periodik. Akan tetapi sampai berita ini...
dok.wikipedia

Ruhut: Oknum Penyidik Polres Jakut Diduga Ganjal Kasus Penipuan Gadget

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:43 WIB
DUGAAN oknum anggota Polres Metro Jakarta Utara wilayah hukum Polda Metro Jaya yang dilaporkan ke Kapolri Jenderal akhirnya...
DOK ASTRA

Tingkatkan Ketahanan Masyarakat, Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:29 WIB
Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Astra dalam membentuk ketahanan masyarakat terhadap pandemi COVID-19 di tingkat RT dan RW melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya