Selasa 20 Juli 2021, 13:21 WIB

Pemotongan Hewan Kurban di Kepulauan Seribu Pakai Prokes Ketat

Hilda Julaika | Megapolitan
Pemotongan Hewan Kurban di Kepulauan Seribu Pakai Prokes Ketat

MI/Adam Dwi
Ilustrasi: Pemotongan hewan kurban

 

CAMAT Kepulauan Seribu Selatan Angga Saputra memastikan proses pemotongan hewan kurban berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Pihaknya sudah melakukan pengawasan pemotongan hewan kurban di tiga kelurahan untuk memastikannya.

"Hewan kurban disembelih dengan menerapkan protokol kesehatan serta dilakukan di tempat terbuka. Warga juga dilarang berkerumun menyaksikan pemotongan hewan kurban," ujarnya, Selasa (20/7).

Angga menjelaskan, khusus penyembelih hewan kurban menggunakan alat pelindung diri (APD) dan hanya panitia kurban yang boleh ikut membantu untuk menghindari kerumunan sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.

"Masing-masing lokasi diawasi oleh petugas Posko PPKM setempat dan tim kesehatan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu untuk pemeriksaan daging kurban agar bisa dipastikan layak konsumsi," terangnya.

Ia menambahkan, panitia akan membagikan daging kurban melalui pengurus RT/RW sesuai data dengan menggunakan wadah ramah lingkungan yang sudah didistribusikan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu.

"Warga cukup berada di rumah, nanti panitia yang akan datang door to door membagikan daging kurban," tukasnya.

Baca juga:  Anies: tak Perlu Menonton Pemotongan Hewan Kurban, Daging Dibagi ke Rumah Warga

Untuk diketahui, lokasi penyembelihan hewan kurban di Kelurahan Pulau Tidung berada di belakang GOR dan lapangan RT 02/03 Kampung Baru; Kelurahan Pulau Untung Jawa di belakang Gedung SKKT; dan di Kelurahan Pulau Pari berlokasi di Bukit Matahari.

Angga mengatakan, di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah terdapat 78 hewan kurban di Kecamatan Kepulauan Selatan yang terdiri dari 26 sapi, 39 kambing dan 13 domba

Ia merinci, untuk Kelurahan Pulau Tidung ada 37 hewan kurban, Kelurahan Pulau Untung Jawa sebanyak 22 hewan kurban dan di Kelurahan Pulau Pari berjumlah 19 hewan kurban.(OL-5)

Baca Juga

Mtvn

Tabrak Pembatas Underpass Senen, Pemotor Tewas di Tempat

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:24 WIB
"Kecelakaan di underpass Senen dari arah Galur ke Simpang Lima Senen, Senen, Jakarta Pusat. Pengendara sepeda motor bernama MR (21)...
ANTARA FOTO

DKI Capai Target Vaksin Dosis 1, Ombudsman: Jangan Lengah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:19 WIB
Ombudsman menjelaskan dari 7,5 juta warga yang divaksin dosis pertama, 30% adalah warga non-DKI atau dari daerah Bodetabek yang...
MI/M Irfan

Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terus Menurun di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 10:51 WIB
Dari data situs corona.jakarta.go.id terlihat pada 28 Juli hingga 30 Juli terjadi 176, 153, dan 130 kematian yang diproses dengan protap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya