Senin 19 Juli 2021, 17:54 WIB

Kondisi Covid-19 Jakarta, Anies Sebut 1.400 Orang Antre Masuk IGD

Selamat Saragih | Megapolitan
Kondisi Covid-19 Jakarta, Anies Sebut 1.400 Orang Antre Masuk IGD

Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, menggambarkan kondisi rumah sakit di DKI Jakarta yang penuh dengan antrean pasien Covid-19 hingga ke lorong dan halaman rumah sakit. Setidaknya total 1.400 orang yang mengantre masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mendapat perawatan.

"Yang mengantre untuk bisa masuk IGD tampak pasien-pasien di lorong-lorong puskesmas di rumah-rumah itu bisa sampai sekitar 1.400 orang karena keterbatasan kapasitas rumah sakit," kata Anies dalam rekaman suara, di Jakarta, Senin (19/7).

Anies menyebut kondisi ini berjalan selama beberapa minggu. Setiap ada masyarakat yang hendak mendapat perawatan di rumah sakit, kondisi rumah sakit sudah penuh.

Tidak hanya antrean untuk masuk IGD saja, pasien yang sudah berada di IGD pun harus mengantre untuk masuk kamar perawatan.

Baca juga: Jakarta belum Layani Kremasi Jenazah Covid-19

"Selama beberapa minggu ini banyak sekali masyarakat datang ke rumah sakit. Tetapi rumah sakit dalam posisi pasirn penuh. Jadi ada mengantre di halaman sebelum masuk di IGD, menunggu bisa masuk kamar perawatan itu sekitar 1.900 orang," kata Anies.

Angka keterisian tempat tidur perawatan pasien Covid-19 per tanggal 17 Juli 2021 mencapai 89 persen. Dari 11.608 tempat tidur isolasi yang disediakan di 140 rumah sakit, sudah terisi sebanyak 10.281 tempat tidur.

Sedangkan untuk tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) terisi sebanyak 94 persen. Dari total 1.546 tempat tidur yang disediakan sudah terisi sebanyak 1.447 tempat tidur.

Untuk mengantisipasi antrean, Anies menambahkan, Pemprov DKI Jakarta secara masif membuka rumah sakit sementara seperti Asrama Haji Pondok Gede.

"Itu sebabnya ditambahkan rumah sakit rumah sakit sementara seperti Wisma Haji untuk bisa menampung mereka," ujar Anies. (OL-4)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

9 Orang Jadi Korban PenipuanĀ Rekrutmen Satpol PP DKI

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 27 Juli 2021, 17:24 WIB
Pihak Satpol PP DKI Jakarta telah melaporkan kasus penipuan terkait rekrutmen pegawai ke Polda Metro Jaya pada Senin (26/7)...
Antara

Anies Apresiasi NasDem Gelar Sentra Vaksinasi

👤Putri Lukman/Sinta Novita 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:50 WIB
Partai NasDem menggelar sentra vaksinasi di lima titik di wilayah Jakarta guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam melawan penyebaran...
Metro TV

Anies Apresiasi NasDem Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19

👤Putri Lukman/Sinta Novita/Metro TV 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:29 WIB
Ia mengapresiasi kontribusi Partai NasDem dalam gerakan vaksinasi guna memutus rantai penularan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya