Kamis 08 Juli 2021, 14:21 WIB

DMI DKI Latih Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DMI DKI Latih Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19

ANTARA FOTO/Maulana Surya
Ilustrasi latihan pemulasaran jenazah covid-19

 

DEWAN Masjid Indonesia (DMI) Kota Administrasi Jakarta Utara bersama Puskesmas Kecamatan berkolaborasi dalam kegiatan pemulasaran jenazah sesuai protokol covid-19.

Ketua DMI Kota Administrasi Jakarta Utara Suwardi mengatakan DMI memiliki relawan janaiz yang terbagi dari delapan tim, satu timnya berjumlah 5 sampai 6 orang.

"Relawan ini sudah mengikuti pelatihan penanganan jenazah covid-19. Tim akan turun atas permintaan dari Puskesmas Kecamatan untuk menangani pasien covid-19 yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri di rumah," jelasnya, Rabu (7/7).

Saat melakukan pemulasaran jenazah covid-19, relawan janaiz tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes) covid-19 dan mengenakan perlengkapan APD. 

"Setiap turun ke lapangan mereka selalu dibekali APD untuk mencegah risiko penularan covid-19. Apa yang mereka lakukan itu memang sangat berisiko, tapi ini adalah tugas kemanusiaan yang harus dijalankan di masa pandemi covid-19," ujar Suwardi.

Baca juga: Posko di Monas Juga Siagakan Petugas Pemulasaran Jenazah

Keberadaan tim pemulasaran jenazah covid-19 di setiap kecamatan sangat membantu dalam meringankan beban warga yang sedang berduka karena kehilangan anggota keluarganya yang meninggal dunia akibat terpapar covid-19. Meningkatnya angka kematian terjadi akibat adanya lonjakan kasus positif covid-19.

"Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih atas peran serta DMI dan Puskesmas Kecamatan Cilincing dalam pemulasaran jenazah warga Semper Timur khususnya dan Jakarta pada umumnya. Semoga menjadi ladang amal buat bapak-bapak dan ibu-ibu semua. Aamiin," tutur Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo.(OL-5)

Baca Juga

Antara

LBH DKI Kritik 4 Tahun Jabatan Anies, Pemprov: Kami Terbuka

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 18 Oktober 2021, 16:57 WIB
Pemprov DKI Jakarta memastikan segera mempelajari sejumlah kritik yang disampaikan LBH DKI. Termasuk, memberikan respons dan...
MI/M IRFAN

Warga Tuntut Ganti Lahan Imbas Fly Over Tapal Kuda, DKI: Tak Ada Suratnya

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 18 Oktober 2021, 15:24 WIB
Hari menemukan lahan tersebut diduduki oleh warga tanpa surat-surat yang...
DOK HUMAS POLDA METRO JAYA

Kapolda Metro Jaya Janji Usut Tuntas Selebgram Kabur dari Wisma Atlet

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 18 Oktober 2021, 14:41 WIB
Pengusutan ini menjadi upaya untuk menjawab keinginan masyarakat agar yang bersangkutan diusut atas peristiwa yang dinilai melecehkan upaya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya