Jumat 25 Juni 2021, 17:28 WIB

Rusun Pasar Rumput Siap Tampung Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Rusun Pasar Rumput Siap Tampung Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

MI/Susanto
Rusun Pasar Rumput

 

RUSUN Pasar Rumput di Jakarta Selatan telah siap menerima pasien covid-19 tanpa gejala. Pengoperasian Rusun Pasar Rumput sebagai tempat isolasi pasien covid-19 tanpa gejala menjadi bagian dari upaya Pemprov DKI untuk menambah fasilitas isolasi sebagai imbas lonjakan pasien yang terjadi saat ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau langsung kesiapan Rusun Pasar Rumput siang tadi bersama Satgas Penanganan Covid-19. Rusun yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2016 dan tuntas pada 2019 itu merupakan rusun yang diperuntukkan bagi pedagang pasar serta bagi warga yang terkena relokasi dampak dari berjalannya program pembangunan di DKI Jakarta. Rusun dibangun tepat di atas Pasar Rumput.

"Alhamdulillah hari ini saya, jajaran Pemprov, bersama Pak Sabdo BPBD DKI, bersama jajaran dari BNPB dan dari DPRKP (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman), Pak Faisal dari PUPR dan juga dari Dirut Pasar Jaya hari ini, kami mengecek persiapan Rusun Pasar Rumput yang akan digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid," kata pria yang akrab disapa Ariza itu, Jumat (25/6).

Baca juga : Wakil Ketua DPR Ingatkan Jangan ada Nobar Piala Eropa

Total ada empat tower yang disediakan dengan tiga tower untuk khusus menampung pasien isolasi dan satu tower untuk tempat menginap para tenaga kesehatan. Dari tiga tower tersebut terdapat 1.984 unit yang masing-masing per unit diisi oleh empat pasien. Sehingga total rusun ini akan siap menampung 7.936 orang.

Kementerian PUPR turut membantu mengisi kelengkapan unit seperti tempat tidur, kipas angin atau AC. Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 atau BNPB akan mengatur manajemen pengelolaan pasien dan nakes. DPRKP DKI akan turut andil dalam pengawasan unit.

"Prinsipnya kami DKI Jakarta bersama pemerintah pusat dan satgas pusat terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas dan dukungan bagi upaya pencegahan penanganan covid-19 di DKI Jakarta," terangnya.

Persiapan pengisian Rusun Pasar Rumput ini dilakukan setelah RSDC Wisma Atlet penuh. Selain itu, sebelumnya Pemprov DKI dibantu oleh Satgas Penanganan Covid-19 telah mengoperasikan Rusun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara sejak Senin, 21 Juni 2021 lalu. Lonjakan kasus covid-19 yang terus terjadi pun memaksa Pemprov DKI harus sesegera mungkin mempersiapkan banyak lokasi isolasi pasien mengingat RS rujukan tak lagi sanggup menampung pasien. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Andri W

Status PPKM DKI Jakarta Turun ke Level Dua

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:25 WIB
PEMERINTAH menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta dari level tiga menjadi level...
dok.ant

BMKG: Siang Ini Wilayah DKI Jakarta Diguyur Hujan

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 08:09 WIB
BMKG memprakirakan sebagian wilayah DKI Jakarta hujan hari ini, Selasa...
MI/Andri Widiyanto.

Sidang Pekan Depan, JPU Hadirkan Delapan Saksi Fakta Kasus Unlawful Killing

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 21:47 WIB
Penasihat hukum terdakwa, Henry Yosodiningrat, meminta agar nanti saksi tersebut dihadirkan secara satu per satu dan pihaknya ingin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya