Rabu 12 Mei 2021, 22:45 WIB

Masjid Raya KH Hasyim Asyari Gelar Shalat Id dengan Kapasitas 50%

Selamat Saragih | Megapolitan
Masjid Raya KH Hasyim Asyari Gelar Shalat Id dengan Kapasitas 50%

Antara
Masjid KH Hasyim Asyari

 

MASJID Raya Kyai Haji Hasyim Asyari, Cengkareng, Jakarta Barat, akan menggelar shalat Idul Fitri 1442 Hijriah atau shalat Id pada Kamis (13/5).

Hal itu dipastikan Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Kyai Haji Hasyim Asy'ari, Humaidi, di Jakarta, Rabu (12/5).

Humaidi manambahkan, shalat Id akan diadakan pada pukul 07.00 WIB. Namun, petugas sudah mulai bersiap-siap pada pukul 06.00 WIB.

Kata dia, protokol kesehatan (prokes) akan tetap diterapkan selama shalat Id digelar.

"Pelaksanaan shalat Id di Masjid Raya Hasyim Asyari akan menerapkan pembatasan jemaah sebesar 50 persen dari daya tampung masjid," jelas Humaidi.

Masyarakat umum, kata Humaidi, dapat mengikuti shalat Id di masjid itu. Namun, karena kapasitas yang dibatasi, warga sekitar diprioritaskan.

Humaidi menambahkan, panita akan memberi marka atau tanda shaf bagi jemaah yang mengikuti shalat Id. Jarak satu marka dengan yang lainnya, kurang lebih 1,5 meter.

"Dengan jarak shaf jemaah diatur demikian, kapasitas daya tampung Masjid Raya Hasyim Asy'ari untuk shalat Id nantinya hanya berisi 2.500 orang. Kalau ful dan tetap diatur jarak daya tampung mencapai 5.000 jemaah," lanjut Humaidi.

Di samping ruang shalat utama berada di lantai dua bangunan, pihak masjid juga telah mempersiapkan lokasi tambahan untuk shalat Id agar jarak antarjemaah tetap terjaga.

"Pengurus masjid berencana mengoperasikan area selasar di kanan kiri ruang shalat utama dan area lantai satu di bawah ruang shalat utama," ujar Humaidi. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbarr

'Positivity Rate' di Jakarta Di Bawah 1%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:34 WIB
Total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 841.592 dengan tingkat kesembuhan 98,2%, dan total 13.500 orang meninggal dunia dengan tingkat...
MI/Ramdani

Amankan PON XX Papua, Polda Kalteng Kirim Dua Kompi Pasukan Brimob

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:33 WIB
Diharapkan dengan bekal latihan yang sudah dilakukan dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan, seluruh personel pengamanan dapat...
MI/Galih Pradipta

Anggaran Habis, Perbaikan Gedung Sekolah Rusak di Depok Ditunda

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:22 WIB
Dinas Pendidikan Depok telah mengajukan rehabilitasi gedung sekolah yang rusak kepada Wali Kota melalui Dinas Perumahan dan Permukiman...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya