Rabu 21 April 2021, 20:49 WIB

Dokter RSCM Sebut Hasil Tes PCR Rizieq Positif Covid-19

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Dokter RSCM Sebut Hasil Tes PCR Rizieq Positif Covid-19

Antara
Rizieq Shihab

 

DOKTER laboratorium Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Nuridiyah Indrasari menyebut Rizieq Shihab diketahui positif covid-19 setelah menjalani tes swab PCR pada 28 November 2020. 

Hal itu ia sampaikan saat bersaksi pada sidang kasus tes swab palsu RS Ummi dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (21/4).

Nuridiyah menjelaskan awalnya pihak Laboratorium RSCM menerima sampel tes swab dari Medical Emergency Rescue-Comittee (MER-C) yang dibawa Hadiki Habib. Hadiki merupakan dokter pribadi Rizieq.

"Tanggal 27 November, Jumat, petugas kami menerima sampel yang di dalamnya sudah ada bahan swab dari dokter Hadiki (dokter pribadi Rizieq)," kata Nuri saat bersaksi di persidangan.

Petugas laboratorium RSCM lalu mengecek lebih lanjut sampel tersebut. Keesokan harinya, hasil tes PCR itu dinyatakan positif covid-19.

"Pukul 4 sore hasilnya keluar positif Covid-19. Didaftar sesuai dengan formulir permintaan Muhammad R," kata Nuridiyah.

Hakim Khadwanto lalu menanyakan apakah Muhammad R itu merupakan sampel dari Rizieq Shihab. Nuridiyah menjelaskan sampel tes swab PCR yang dinyatakan positif Covid-19 sesuai dengan yang diberikan Hadiki selaku dokter pribadi Rizieq.

"Saat itu saya tidak tahu Muhammad R itu siapa. Tapi spesimen itu diminta langsung oleh dokter Hadiki dari MER-C," katanya.

Sementara itu, Hadiki Habib dalam kesaksiannya mengaku awalnya diminta untuk melakukan pendampingan kesehatan Rizieq Shihab oleh Presidium MER-C di kediamannya di Sentul, Bogor. Hadiki mengatakan dirinya mendapat informasi Rizieq merasa kelelahan dan meriang.

Untuk memastikan kondisi Rizieq terkait covid-19, pihaknya melakukan tes rapid antigen. Pada 23 November 2020 diketahui Rizieq reaktif covid-19 dari hasil tes tersebut.

Setelah dinyatakan reaktif, Hadiki mengatakan pihak MER-C meminta Rizieq melakukan pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit. Hadiki lalu bertanya kepada Rizieq apakah siap dirujuk ke rumah sakit. Rizieq kemudian meminta dirujuk ke RS Ummi, karena memiliki rekam medis di rumah sakit tersebut dan dekat dari kediamannya.

"Dia (Rizieq) menyampaikan bahwa mau dirawat di RS UMMI karena dekat dari kediamannya di Sentul. Sesuai dengan keterangan yang ada, beliau masuk ke Rumah Sakit UMMI hari Rabu malam sekitar diatas jam 10 malam," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kakorlantas Jamin Tidak Ada Penyekatan untuk Para Pekerja

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 07 Mei 2021, 05:18 WIB
Kakorlantas Polri Irjen  Istiono mengomentari video viral aksi sejumlah pengendara yang turun ke jalan di KM 31 tol Jakarta - Cikampek...
 MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengguna KRL turun 6% pada Hari Pertama Larangan Mudik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 07 Mei 2021, 05:11 WIB
KAI Commuter mencatat hingga Kamis, 6 Mei pukul 19.00 WIB volume pengguna yang memanfaatkan layanan KRL pada hari pertama Larangan Mudik...
Antara

Bus Sinar Jaya hanya Angkut Satu Penumpang di Terminal Kalideres

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 00:15 WIB
KEPALA Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan armada perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya hanya membawa seorang penumpang dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya