Selasa 13 April 2021, 21:30 WIB

Jakarta Atur Jam Operasional Restoran Selama Ramadan

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Jakarta Atur Jam Operasional Restoran Selama Ramadan

theworlds50best.com
Ilustrasi

 

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta menerbitkan aturan  jam operasional bagi rumah makan/restoran, baik yang berdiri sendiri maupun yang menjadi fasilitas usaha hotel selama Ramadhan 1442 Hijriah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, Selasa, menerangkan kegiatan usaha rumah makan/restoran yang berdiri sendiri dan menjadi fasilitas usaha hotel tersebut dapat beroperasi dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terkecuali tempat "nongkrong" yang harus tutup.

"Antara lain, melaksanakan 3M serta mengatur jarak antarkursi minimal satu meter, pembatasan kapasitas hanya 50 persen maksimal pengunjung serta tidak diperbolehkan menampilkan pertunjukan musik hidup dan disjoki," kata Gumilar dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (13/4).

Selain itu, bar atau tempat minum yang berdiri sendiri dan yang terdapat pada usaha restoran atau rumah makan wajib ditutup.

Gumilar menyebutkan aturan pembatasan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 434 Tahun 2021 dan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 313 Tahun 2021 merupakan upaya menekan penyebaran Covid-19 di sektor pariwisata dalam Ramadhan ini.

"Keputusan ini dikeluarkan untuk mendukung aktivitas masyarakat pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah dan tetap menggerakkan perekonomian kendati dilakukan dengan berbagai pembatasan," katanya.

Untuk mendukung dan menghormati aktivitas masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa, dia juga mengimbau pelaku usaha memakai tirai agar tidak terlihat secara utuh.

Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan tertentu, seperti buka puasa bersama dapat diselenggarakan dengan tetap mengikuti aturan-aturan tersebut.

Di samping itu, terdapat pula pengaturan jam operasional makan di tempat (dine in) yang diperbolehkan sampai dengan pukul 22.30 WIB dari awal waktu operasional dan dapat beroperasi kembali pada pukul 02.00 WIB-04.30 WIB untuk melayani kebutuhan sahur.

Sedangkan pembelian makan secara langsung (take away) maupun pelayanan pengantaran makanan (delivery service) dapat beroperasi sesuai jam operasional atau 24 jam. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Belasan Kios Terbakar di Terminal Senen Berhasil Dipadamkan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 06:47 WIB
PETUGAS pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api yang meluluhlantakan belasan kios di Terminal Senen, Jakarta Pusat yang terbakar...
Dok MI

Pemudik tanpa Surat Bebas Covid-19 Diimbau Lapor Polsek

👤Ant 🕔Selasa 18 Mei 2021, 23:58 WIB
Yusri mengatakan Polda Metro Jaya telah menyiapkan fasilitas tes usap antigen gratis bagi para pemudik yang kembali ke...
dok.mi

Jaksa Tuntut Residivis Produksi Gas Melon tak ber-SNI 18 Bulan Bui

👤Dede Susianti 🕔Selasa 18 Mei 2021, 21:35 WIB
TERDAKWA utama pelaku produksi tabung gas melon tak berstandar nasional Indonesia (SNI) dituntut 18 bulan penjara oleh jaksa pada Kejari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya