Minggu 11 April 2021, 19:06 WIB

Sinar Siap Dirilis, Polri Jamin Warga Semakin Mudah Urus SIM

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Sinar Siap Dirilis, Polri Jamin Warga Semakin Mudah Urus SIM

Antara
Ilustrasi sejumlah warga menerima SIM secara simbolis.

 

KORLANTAS Polri segera merilis aplikasi pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang bernama Sinar (SIM Nasional Presisi).

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusuf menyebut pelucurkan aplikasi akan berlangsung pada Selasa (13/4) mendatang. Nantinya, warga dapat mengunduh aplikasi tersebut lewat telepon seluler berbasis iOS maupun Android.

Yusuf pun menjamin masyarakat tidak akan kesulitan dalam mengurus pembuatan hingga perpanjangan SIM. "Pendaftaran sampai pembayaran dan pengiriman semuanya melalui ponsel," tutur Yusuf saat dihubungi, Minggu (11/4).

Baca juga: Ini Lokasi Layanan SIM Keliling Polda Metro

Lebih lanjut, dia berharap aplikasi Sinar dapat mencegah penyebaran covid-19. Sebab, masyarakat tidak perlu datang ke Satpas. Aplikasi Sinar dapat digunakan untuk mengurus perpanjangan SIM A (Mobil) maupun SIM C (Motor) secara daring.

Sementara itu, untuk pembuatan SIM tetap harus datang terlebih dahulu ke Satpas. "Iya, harus mendatangi Satpas untuk pembuat SIM baru," imbuh Yusuf.

Pemohon SIM perlu datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik. Jika lolos, pemohon SIM bisa melanjutkan registrasi secara daring. Yusuf menyebut tidak ada kendala dalam pembuatan aplikasi Sinar. Pihaknya pun berharap aplikasi Sinar dapat mengurangi angka pelanggaran lalu lintas.(OL-11)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kakorlantas Jamin Tidak Ada Penyekatan untuk Para Pekerja

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 07 Mei 2021, 05:18 WIB
Kakorlantas Polri Irjen  Istiono mengomentari video viral aksi sejumlah pengendara yang turun ke jalan di KM 31 tol Jakarta - Cikampek...
 MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengguna KRL turun 6% pada Hari Pertama Larangan Mudik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 07 Mei 2021, 05:11 WIB
KAI Commuter mencatat hingga Kamis, 6 Mei pukul 19.00 WIB volume pengguna yang memanfaatkan layanan KRL pada hari pertama Larangan Mudik...
Antara

Bus Sinar Jaya hanya Angkut Satu Penumpang di Terminal Kalideres

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 00:15 WIB
KEPALA Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan armada perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya hanya membawa seorang penumpang dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya