Senin 01 Februari 2021, 13:43 WIB

Epidemiolog: Pusat Harus Pimpin Penanganan Covid-19 Jabodetabek

Hilda Julaika | Megapolitan
Epidemiolog: Pusat Harus Pimpin Penanganan Covid-19 Jabodetabek

DOK Pribadi.
Epidemiolog dan ahli pandemi Griffith University, Dicky Budiman.

 

PEMERINTAH pusat diminta segera memimpin koordinasi penanganan covid-19 di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal ini disebabkan pentingnya mengambil kebijakan yang setara di kawasan yang interkoneksi antarwarganya tinggi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pernah menyampaikan bahwa rumah sakit (RS) covid-19 menampung hampir 30% warga luar Jakarta. Karena itu, Ariza, sapaan karibnya, meminta pemerintah pusat membantu peningkatan kapasitas RS di Bodetabek.

"Ini adalah bukti kalau pengendalian pandemi ini tak bisa soliter ya diserahkan ke satu daerah atau dilakukan satu daerah. Harus dilakukan secara bersama,terutama di daerah Indonesia ini, seperti Jawa dan Jakarta yang memiliki interkoneksi antarwarga sangat tinggi," kata epidemiolog dan ahli pandemi Griffith University, Dicky Budiman, kepada Media Indonesia, Senin (2/1).

Ia beralasan peran pemerintah pusat dalam UU Karantina Kesehatan dengan pemerintah daerah itu setara. Pemerintah daerah diberi kewenangan otonomi daerah dengan pendelegasian aspek kesehatan. Pemerintah pusat juga perlu untuk mengatur, membuat regulasi, mendukung, dan menjamin kesetaraan antardaerah.

"Tak boleh ada disparitas kebijakan. Nah itu, yang saya lihat peran pemerintah pusat belum terlihat dalam pengendalian pandemi untuk wilayah Jabodetabek. Tidak bisa diserahkan kepala daerah saja. Harus dilakukan secara bersamaan," kritiknya.

Bahkan meskipun, telah melakukan koordinasi antardaerah, tidak selalu akan berhasil. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, pasti ada tantangan dan ego masing-masing daerah.

"Antarsektoral saja ada ego apalagi antardaerah. Itulah pentingnya peran pemerintah pusat," imbuhnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Pemkot Tangsel Targetkan Kembali Raih Kota Layak Anak

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:20 WIB
Tim Verifikasi Lapangan Evaluasi Kota Layak Anak diterima  Wali Kota Benyamin Davnie beserta jajaran dari dinas terkait di Aula...
MI/Adam Dwi

Fasilitas Interkoneksi Bawah Tanah Habiskan Rp150 Miliar

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:06 WIB
Pembangunan fasilitas interkoneksi bawah tanah pertama di Indonesia kawasan berorientasi transit di rubanah gedung UOB, Jakarta Pusat...
dok.ant

Dua Kali Mangkir, Akhirnya Medina Zein Dijemput Paksa Polisi

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:05 WIB
PETUGAS Polda Metro Jaya akhirnya menjemput paksa Medina Zein setelah dua kali mangkir pemeriksaan atas kasus dugaan pencemaran nama baik,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya