Jumat 30 Oktober 2020, 22:48 WIB

Diplomasi Gempa Bumi, Turki dan Yunani

mediaindonesia.com | Megapolitan
Diplomasi Gempa Bumi, Turki dan Yunani

AFP
Gempa

 

PERDANA Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyapa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk menyampaikan belasungkawa setelah gempa mematikan yang melanda kedua negara, Jumat (30/1).

"Saya baru saja menelepon Presiden @RTErdogan untuk menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa secara tragis akibat gempa bumi yang melanda kedua negara kita. Apa pun perbedaan kita, inilah saat-saat ketika rakyat kita perlu berdiri bersama," katanya di Twitter.

Yunani dan Turki sama-sama terletak di salah satu zona gempa paling aktif di dunia. Namun kedua tetangga itu menderita hubungan yang buruk secara historis meskipun keduanya adalah anggota aliansi militer NATO.

Gempa kali ini disebutkan sejumlah pakar sebagai "diplomasi gempa bumi", setelah menteri luar negeri kedua negara berjanji untuk membantu masing-masing melalui panggilan telepon yang jarang terjadi.

"Menteri Luar Negeri Yunani (Nikos) Dendias memanggil menteri kami Mevlut Cavusoglu untuk mendoakan yang terbaik untuknya.  Kedua menteri itu menekankan bahwa mereka siap untuk membantu satu sama lain jika diperlukan," kata kementerian luar negeri Turki.

Ajudan Erdogan Fahrettin Altun tweeted bahwa bencana "mengingatkan kita sekali lagi seberapa dekat kita meskipun ada perbedaan kebijakan".

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tweeted bahwa dia siap membantu "dengan semua sarana yang tersedia untuk negara kami".

Dilaporkan  di pulau Samos, Yunani, dekat pusat gempa, orang-orang bergegas turun ke jalan karena panik.

"Dinding dari beberapa rumah telah runtuh dan beberapa bangunan rusak," kata wakil walikota Michalis Mitsios seperti dikutip oleh penyiar publik ERT.

"Itu adalah kekacauan," tambah sesama wakil walikota Giorgos Dionysiou. "Kami tidak pernah mengalami hal seperti ini."

Badan perlindungan sipil Yunani mengatakan kepada penduduk Samos melalui pesan teks untuk "tetap berada di tempat terbuka dan jauh dari gedung".

Sebagian besar kerusakan di Turki terjadi di dalam dan sekitar kota resor Aegean, Izmir, yang berpenduduk sekitar tiga juta jiwa.

Sejumlah bangunan apartemen yang runtuh dan orang-orang yang kebingungan mencoba menerobos tumpukan puing tinggi di jalan.

Baca juga : Gempa Turki Sebabkan Tsunami Kecil

"Ya Tuhan!" seorang pejalan kaki berteriak di dekat gedung yang runtuh dalam satu gambar yang menjadi viral di Turki.

Walikota Izmir Tunc Soyer mengatakan kepada CNN Turk bahwa 20 bangunan telah runtuh, dengan para pejabat mengatakan mereka memfokuskan upaya penyelamatan mereka pada 12 di antaranya.

Badan bencana Turki melaporkan kematian enam orang, dan mengatakan bahwa lebih dari 200 orang terluka. Tetapi pemandangan kehancuran menunjukkan jumlah korban bisa meningkat.

Gambar di media sosial menunjukkan air mengalir deras melalui jalan-jalan di salah satu kota dekat Izmir karena gelombang laut yang tampak jelas. Asap putih tebal mengepul dari berbagai bagian kota itu sendiri, tempat bangunan-bangunan runtuh.

Rekaman udara di televisi NTV Turki menunjukkan seluruh blok kota berubah menjadi puing-puing. Rekaman menunjukkan penyelamat dibantu oleh penduduk dan polisi menggunakan gergaji mesin ketika mereka mencoba menerobos reruntuhan bangunan tujuh lantai yang runtuh.

Tim penyelamat menyerukan keheningan untuk tanda-tanda orang yang selamat, membersihkan batu besar dan puing-puing lainnya dalam rantai manusia.

Seiring berlalunya waktu, gubernur wilayah itu Yavuz Kosger mengatakan 70 orang telah ditarik dari reruntuhan hidup-hidup. (AFP/OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Cek Prokes Polisi Jakbar Justru Temukan Delapan Pengguna Narkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
13 orang yang dites, delapan diantaranya positif menggunakan narkoba. Meski demikian, polisi tak menemukan adanya narkoba di...
ANTARA/Adi Wirman

Dirum RS Ummi Sebut Hasil Tes Usap Rizieq Positif Covid-19 Hoaks

👤Dede Susianti 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:33 WIB
Harapan persoalan tidak berlanjut, karena pihaknya beranggapan sudah menjadi salah satu komitmen yang disampaikan oleh Wali Kota Bogor Bima...
AFP

Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.166 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:50 WIB
Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 157.233. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya