Sabtu 20 Juli 2019, 14:15 WIB

Pemkab Kepulauan Seribu Boyong Jembatan Pohon Pengantin ke Monas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemkab Kepulauan Seribu Boyong Jembatan Pohon Pengantin ke Monas

MI/Putri Anisa Yuliani
Warga berfoto di depan banner pemandangan Pulau Untung Jawa di anjungan Kabupaten Kepulauan Seribu saat Lebaran Haji di Monas

 

ANJUNGAN Kepulauan Seribu menjadi primadona dalam gelaran Lebaran Betawi 2019 yang digelar di Silang Barat Daya Monas, Jakarta Pusat hari ini.

Pada acara tersebut, setiap wilayah kota dan kabupaten memang mendirikan anjungan-anjungan berupa rumah adat Betawi dan pernak pernik yang berkaitan dengan monumen maupun objek wisata khas yang dimiliki masing-masing wilayah.

Anjungan Kepulauan Seribu memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan anjungan wilayah lainnya. Bukan hanya menghadirkan rumah adat dan panggung seni, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu juga menghadirkan instalasi berupa kapal nelayan serta banner besar yang mencetak pemandangan asli pulau-pulau yang menjadi objek pariwisata di sana.

Sebut saja terdapat banner besar yang menampilkan foto pemandangan sudut pantai di Pulau Kelor.

Pada banner tersebut juga disediakan panggung dan kursi serta meja yang dikhususkan bagi pengunjung yang hendak berfoto.

Tidak hanya itu, pemandangan objek wisata 'Jembatan Pohon Pengantin' di Pulau Untung Jawa juga digemari pengunjung.

"Ayo ci, foto di sini," ungkap Marina, 46, warga Tanah Abang, Jakarta Pusat yang berwisata ke Lebaran Betawi, Sabtu (20/7).

Baca juga: Warga Padati Lebaran Betawi di Monas

Marina sengaja ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan pulau-pulau di Kepulauan Seribu karena belum pernah mengunjungi satu-satunya wilayah kabupaten di Jakarta itu.

"Saya mau pamerlah jadiin foto profil di Whatsapp sama Facebook. Ini bannernya bagus banget sih. Yang di Pulau Kelor tuh kayak beneran lagi di pantai kalau ambil fotonya bisa pas. Kalau yang banner Jembatan Cinta masih keliatan seperti gambar karena kurang lebar," kata Marina.

Marina mengungkapkan belum pernah mengunjungi Kepulauan Seribu karena takut mabuk laut. Tapi setelah mendengarkan penjelasan dari beberapa staf Pemkab Kepulauan Seribu yang hadir di lokasi Lebaran Betawi, ia pun berhasrat untuk mengunjunginya suatu saat.

Menurut penjelasan para staf, kunci mengunjungi Kepulauan Seribu ialah pada musim panas seperti sekarang ini karena cuaca di atas laut cenderung lebih bersahabat.

"Apalagi nggak semahal bayangan saya. Saya kira butuh jutaan. Ternyata kalau hanya jalan-jalan seharian itu tidak sampai Rp500 ribu seorang sudah bisa ke tiga pulau," ujarnya.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaidi yang ditemui Media Indonesia pada acara Lebaran Betawi pun membenarkan pihaknya sengaja 'memboyong' Jembatan Cinta, Pulau Kelor, dan Pulau Bidadari ke Lebaran Betawi untuk menarik minat masyarakat Jakarta serta luar Jakarta untuk mengunjungi Kepulauan Seribu.

Menurutnya, saat ini, pariwisata pantai Kepulauan Seribu tidak kalah dengan Bali maupun objek popular lainnya di Indonesia.

"Sengaja memang supaya orang kenal dan mau pergi ke Kepulauan Seribu," tegasnya.

Saat ini sudah 50 ribu pengunjung yang datang ke Kepulauan Seribu tiap akhir pekan. Jumlah itu pun masih bisa meningkat seiring peningkatan sumber daya dan infrastruktur yang dilakukan Pemkab Kepulauan Seribu. (OL-2)

Baca Juga

DOK MI

Dewan Pendidikan Diharapkan Tingkatkan Kualitas SDM Tangsel

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:10 WIB
SEBANYAK 23 calon anggota Dewan Pendidikan Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, mengikuti tahapan proses seleksi untuk memimpin periode...
dok.ist

Ini Alasan Warga Jaktim Deklarasi Sandiaga Uno Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:30 WIB
RATUSAN relawan Sandi Uno Fans Club Jakarta Timur mendeklarasikan Menparekraf, Sandiaga Uno untuk jadi presiden...
MI.

Sejarah Kota Jakarta

👤Miskah Syifa Putri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:25 WIB
Jakarta pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan Kerajaan Sunda yang bernama Sunda Kalapa berlokasi di muara Sungai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya