Rabu 08 Maret 2023, 18:00 WIB

Gunung Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia

Meilani Teniwut | Internasional
Gunung Tertinggi di Dunia, Ada yang dari Indonesia

MI/Gantyo K.
Puncak Gunung Jayawijaya merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di Indonesia.

 

SEBAGIAN besar gunung tertinggi di dunia terletak di Asia, lebih tepatnya tersebar di wilayah Nepal, Pakistan, dan Tiongkok. Namun tahukah kamu beberapa gunung di Indonesia juga termasuk gunung tertinggi loh. 

Lalu apa saja ya gunung-gunung tertinggi tersebut? Selengkapnya yuk disimak tulisan di bawah ini.

Gunung Everest (8.848 m)

Gunung Everest atau Mount Everest ialah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari permukaan laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet. Puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha.

Gunung yang diselimuti lapisan salju ini memiliki ketinggian 29.035 kaki atau sekitar lebih dari 8.800 mdpl. Gunung Everest yang terletak di Pegunungan Himalaya ini merupakan lipatan terbesar lempeng tektonik India dan Eurasia.

Baca juga: Ini Daftar 5 Gunung Tertinggi Di Indonesia

Sejak pertama kali didaki pada 1953, puncak Everest tetap menjadi primadona bagi para pendaki meski berbahaya dan tidak jarang menelan korban. Sedikitnya ada 20 jalur pendakian untuk bisa mencapai puncak Gunung Everest. Yang paling populer ialah jalur Southeast Ridge untuk pemberangkatan dari Nepal. Waktu terbaik untuk mendaki Everest disarankan pada April dan Mei, sebelum monsun Himalaya.

Gunung Makalu Gunung (8.485 m)

Makalu berada di posisi kelima sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.485 meter. Terletak di Mahalngur Himal dari pegunungan Himalaya di sepanjang perbatasan Nepal dan Tibet, Tiongkok. Pada 15 Mei 1955, pendaki Prancis Lionel Terray dan Jean Couzy menjadi yang pertama berhasil mendaki Gunung Makalu.

Gunung Manasalu (8.163 m)

Gunung Manasalu berada di posisi kedelapan sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.163 meter. Gunung ini terletak di negara Nepal. 

Baca juga: 10 Contoh Gambar Pemandangan Alam yang Mudah Ditiru

Gunung ini telah didaki sebanyak 297 kali pada 2008 dan sekitar 53 orang tewas ketika mendaki. Pada 9 Mei 1956, tim ekspedisi Jepang yang dimotori oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu menjadi yang pertama mendaki Gunung Manaslu.

Gunung Nanga Parbat (8.1266 m)

Gunung Nanga Parbat berada di posisi kesembilan sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.126 meter. Terletak di wilayah Gilgit-Baltistan di Kashmir yang dikelola Pakistan. Gunung ini juga terletak di sebelah selatan Sungai Indus. Pada 3 Juli 1953, pendaki Austria Hermann Buhl menjadi yang pertama mendaki Gunung Nanga Parbat.

Gunung Nanga Parbat (8.1266 m)

Gunung Nanga Parbat berada di posisi kesembilan sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.126 meter. Ia terletak di wilayah Gilgit-Baltistan di Kashmir yang dikelola Pakistan. 

Gunung ini juga terletak di sebelah selatan Sungai Indus. Pada 3 Juli 1953, pendaki Austria Hermann Buhl menjadi yang pertama mendaki Gunung Nanga Parbat.

Gunung Annapurna I (8.091 m)

Gunung Annapurna I berada di posisi kesepuluh sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.091 meter. Gunung ini terletak di negara Nepal. 

Gunung ini termasuk ke dalam kategori gunung yang sulit didaki dan memiliki rasio kematian tertinggi daripada puncak gunung lain di bumi. Akan tetapi, pada 3 Juni 1950, pendaki Prancis Maurice Herzog dan Louis Lachenal menjadi yang pertama mencapai puncak Gunung Annapurna I.

Gunung Aconcagua (6.961 m)

Gunung tertinggi berikutnya terletak di Argentina. Gunung Aconcagua berada di jajaran Pegunungan Andes ini tak cuma terkenal dengan cuaca dingin ekstrem dan badai anginnya. Wilayahnya pun diketahui didominasi oleh es, gletser, dan bebatuan.

Faktor tersebut membuat gunung ini lebih disarankan untuk pendaki profesional ketimbang amatir. Sebagian besar orang umumnya memilih mendaki mulai dari pertengahan Desember hingga Februari.

Waktu tersebut bertepatan dengan musim panas dan menjadi waktu terbaik yang disarankan untuk mendaki Aconcagua. Selain itu, Gunung Aconcagua memiliki base camp yang diklaim sebagai yang tersibuk kedua di dunia setelah Everest.

Gunung Denali (6.194 m)

Denali, biasa dikenal dengan nama Gunung McKinley, ialah gunung tertinggi di Amerika Utara dengan ketinggian 6.194 mdpl. Dengan tinggi dari dasar ke puncak sebesar 18.000 kaki (5.500 m), Denali merupakan gunung daratan tertinggi di dunia. 

Menurut prominensa topografisnya, Denali ialah puncak paling prominen ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Terletak di Pegunungan Alaska di pedalaman negara bagian Alaska, Denali merupakan tengara di Denali National Park and Preserve.

Gunung Andes (6.100 m)

Gunung Andes adalah pegunungan terpanjang di dunia yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Pegunungan ini panjangnya lebih dari 7.000 km, lebarnya mencapai 500 km pada beberapa tempat (terlebar pada 18° sampai 20° LS), dan memiliki ketinggian rata-rata sekitar 4.000 m. Pegunungan ini membentang melalui tujuh negara yaitu Argentina, Bolivia, Cile, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Venezuela, yang kadang disebut Negara-Negara Andean (Andean States).

Rangkaian pegunungan Andes terutama terdiri dari dua pegunungan besar Cordillera Oriental dan Cordillera Occidental. Keduanya sering dipisahkan dengan depresi antara yang dalam kemudian muncul rangkaian pegunungan minor, seperti Cordillera de la Costa di Cile. 

Gunung Kilimanjaro (5.895 m)

Gunung yang terkenal dengan misteri dan keindahannya ini terletak di dataran Afrika Timur, tepatnya Tanzania Utara. Pesonanya membuat Gunung Kilimanjaro memiliki lebih dari 50.000 pendaki dalam satu tahun.

Gunung ini menyajikan jalur berkelok-kelok melalui berbagai zona ekologi, seperti hutan hujan tropis, padang rumput, moorland, gurun alpine, dan masih banyak lagi. Meski demikian, pendakian ke Gunung Kilimanjaro bisa jadi tidak seindah pemandangan di jalurnya. 

Pemandu setempat menyebut hanya kurang dari 30% pendaki yang berhasil mencapai puncak. Musim kemarau pada akhir Juni hingga Oktober menjadi adalah waktu terbaik untuk menaklukkan Kilimanjaro dan September biasanya menjadi momen puncaknya.

Gunung Vinson Massif (4.892 m)

Selanjutnya Gunung Vinson Massif yang terletak di Antartika, Kutub Selatan. Dibandingkan dengan gunung Seven Summits lain, Gunung Vinson Massif berlokasi paling terpencil.

Gunung ini menjadi yang terakhir dieksplorasi dari tujuh puncak, tepatnya pada 1966. Mengutip National Geographic, kendati Gunung Vinson Massif tergolong tidak sulit untuk didaki, suhu ekstrem dan lokasi yang terpencil menjadikannya menantang.

Periode pendakian Gunung Vinson Massif idealnya antara Desember hingga Februari, yakni ketika Antartika mendapat sinar matahari selama 24 jam. Lewat rute standar, para pendaki biasanya memakan waktu sekitar 5-10 hari untuk sampai puncak.

Gunung Jayawijaya (4.88 m)

Gunung Jayawijaya di Papua termasuk dalam salah satu dari tujuh gunung tertinggi dunia dan menjadi yang nomor satu di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid memiliki salju abadi yang terancam menghilang akibat perubahan iklim.

Untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid, para pendaki banyak memilih jalur pertambangan PT Freeport Indonesia. Jalur yang melalui Tembagapura tersebut sering dinilai sebagai jalur mendaki paling ideal, karena biasanya para pendaki bisa memanfaatkan moda transportasi milik PT Freeport Indonesia.

Periode Oktober dan Maret menjadi waktu terbaik untuk mendaki Puncak Jaya. Sebenarnya gunung ini bisa didaki sepanjang tahun. Hanya, pada bulan-bulan tertentu, wilayah ini memiliki curah hujan lebih tinggi. (Z-2)

Baca Juga

AFP/Gerardo Menoscal

Lima Wartawan Jadi Target Paket Bom

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 21 Maret 2023, 10:26 WIB
Lima wartawan yang bekerja di radio dan televisi Ekuador menerima paket berisi bom pada Senin (20/3) waktu setempat. Satu dari lima paket...
AFP/GIL COHEN-MAGEN

Pernyataan Rasis Menteri Israel Tuai Kemarahan Dunia Arab

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 21 Maret 2023, 09:53 WIB
Smotrich merupakan bagian dari kabinet Perdana Menteri Israel Benjamin  Netanyahu yang menjabat sejak Desember...
AFP/Richard PIERRIN

Biden Perintahkan Pengungkapan Asal Covid-19

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 21 Maret 2023, 09:07 WIB
Washington telah melakukan debat tentang asal-usul virus itu sejak menginfeksi manusia pertama di kota Wuhan di Tiongkok pada akhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya