Jumat 30 Desember 2022, 22:44 WIB

10 Contoh Gambar Pemandangan Alam yang Mudah Ditiru

Meilani Teniwut | Humaniora
10 Contoh Gambar Pemandangan Alam yang Mudah Ditiru

medcom
Ilustrasi menggambar

 

GAMBAR pemandangan, khususnya gunung menjadi favorit bagi anak-anak TK dan SD. Ya, memang pemandangan alam menjadi hal paling mudah untuk ditiru dan diaplikasikan pada kertas gambar. Namun, rupanya tak hanya gunung loh yang dapat menjadi inspirasi. Yuk, simak sejumlah contoh pemandangan alam yang mudah ditiru:

A. Gambar Pegunungan

1. Gunung dan air terjun dengan keindahan alam sekitar

Tema klasik ketika kita disuruh menggambar. Gambar pegunungan nyatanya tetap menjadi kegemaran bagi beberapa orang. Tidak mengherankan karena tekniknya tidak begitu sulit.

2. Pedesaan yang asri dengan pemandangan gunung dan air terjun

Air terjun di sebuah desa dengan penggunungan sebagai latar belakangangnya. Gambar di atas menggoda untuk dicoba. Jangan sampai ketinggalan dengan pewarnaan gunung yang epik.

3. Gunung Es

Gambar ini seperti menunjukan pemandangan yang dapat kita temui di negara Swiss. Meskipun matahari bersinar dan pohon-pohon telah bertumbuh hijau, bagian atas gunung masih menampakan es berwarna putih.

Gambar ini menunjukan pemandangan alam gunung es yang dilihat dari jarak jauh sehingga ukuran pohon lebih besar daripada gunung. Hal ini membuat gambar terlihat lebih nyata dan proporsional. Kamu juga bisa menambahkan gambar bunga warna-warni, hewan, dan karakter orang untuk memperkuat keceriaan gambar. 

4. Alam Pedesaan yang Damai dan Tenteram

Pada gambar di atas terdapat danau yang berkilau seakan pada hari itu adalah pagi yang sangat cerah. Namun rupanya, terdapat pelangi di balik dua gunung yang menandakan bahwa baru turun hujan. Pun ada sekawanan burung yang terbang di atasnya sehingga membuat gambar menjadi lebih sempurna.

5. Gunung dan Danau dengan Sunrise di Pagi Hari

Konsep gambar di atas cukup unik karena terdapat danau yang dilatarbelakangi oleh gunung yang indah dengan warna yang mencolok. Di atas gunung juga terdapat matahari terbit yang menambah gambar terlihat lebih cerah.

B. Gambar Pemandangan Pantai

Gambar pemandangan pantai dan laut merupakan salah satu favorit anak-anak. Ketika menggambarnya, tumbuh kembang sang anak dari sisi imajinasi dan kepekaan terhadap keindahan alam akan terasah, loh.

1. Lautan di Malam Hari

Gambar pemandangan alam yang jarang sekali terpikirkan adalah gambar di malam hari. Kita selalu belajar gambar pemandangan yang dihiasi matahari dan awan saja, tapi hampir tidak pernah memikirkan ide gambar bulan dan bintang dengan suasana langit yang cerah.

Gambar di atas dapat menjadi referensi yang fresh ketika kita diminta untuk menggambar pemandangan alam. Malam hari bukan berarti gambar yang dibuat menggunakan warna-warna gelap. Dengan pencahayaan bulan yang terang, kita dapat mengimplementasikan warna cerah pada objek lainnya. 

2. Matahari Terbenam

Gambar pemandangan alam dengan tema matahari terbenam ini sangat mudah untuk ditirukan. Kamu tidak perlu menggambarkan dengan detail. Tugasmu menggambar ini hanya membuatnya tampak indah dengan permainan gradasi warna. Jika menurutmu warna orange terlalu monoton, kamu bisa mencampur dengan warna pink, sedikit biru dan putih. Penambahan karakter seperti kapal atau lumba-lumba juga cukup menarik untuk dicoba. 

3.  Pantai dan Perahu

Gambar yini menjadi rekomendasi bagi kalian berupa pemandangan alam pantai. Gambar di atas memadukan pemandangan alam berupa pantai dan perbuktian. Terdapat gambar perahu yang membuat menjadi lebih unik dan terkesan tidak kosong.

Garis-garis dan warna yang diimplementasikan tampak lebih tegas sehingga gambar terlihat lebih nyata. Jika ingin menambahkan rumput atau bunga lebih baik daripada menambah pepohonan karena dapat menutupi pemandangan laut di belakangnya. 

4. Pulau Mungil di Tengah Laut

Gambar pemandangan pantai dan laut yang terbentang luas akan terlihat unik dengan keberadaan pulau mungil sebagai tempat berlabuh perahu.

Pemilihan warna yang terkesan tipis untuk langit menandakan cuaca yang tidak terlalu cerah tetapi cocok untuk berlayar.

5. Keindahan Langit Pantai Kala Senja

Susana matahari terbenam yang dipadukan langit jingga bisa menjadi favorit, loh.

Untuk semakin memperkaya gambar, beri objek perahu, tebing, dan tentu saja pohon kelapa di sekitar pantai.(OL-5)

Baca Juga

SETWAPRES

Wapres: Kinerja Penanggulangan Kemiskinan Harus Segera Dibenahi

👤Emir Chairullah 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:14 WIB
Ma’ruf mengakui pemerintah memiliki target yang berat terutama menurunkan angka kemiskinan ekstrem 0% pada 2024, sehingga penggunaan...
Dok Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Lakukan Inovasi Cegah Stunting

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa sekitar 23% bayi baru lahir mengalami...
Dok pribadi

Ayep Zaki Aktif Tumbuhkan Ekosistem Wakaf di Tanah Air

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:40 WIB
UU Nomor 41 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006, sangat baik untuk kepentingan pembangunan ekosistem baik ekonomi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya