Kamis 23 Februari 2023, 23:32 WIB

Sekolah di Tiongkok Diliburkan Usai Ledakan Kasus Covid-19

Cahya Mulyana | Internasional
Sekolah di Tiongkok Diliburkan Usai Ledakan Kasus Covid-19

AFP
Seorang perempuan memakai masker di Distrik di Jing'an, Tiongkok

 

SEJUMLAH sekolah di seluruh Tiongkok memutuskan menutup sementara kegiatan belajar mengajar awal pekan ini. Alasannya untuk membendung penyebaran Covid-19 dan patogen lain mulai dari flu hingga norovirus.

Tiongkok mulai mendeteksi kembalinya penyakit lain setelah pembatasan pandemi covid-19 dilonggarkan. Sepuluh siswa kelas dua dinyatakan positif Covid-19 akhir pekan lalu di pusat e-commerce timur Hangzhou.

Temuan itu mendorong otoritas pendidikan setempat untuk menangguhkan kelas mereka selama empat hari mulai Senin (20/2). Para murid kemungkinan besar terinfeksi untuk pertama kalinya, kata para pejabat.

Otoritas Shanghai juga menangguhkan pengajaran tatap muka untuk kelas sekolah dasar setelah empat murid didiagnosis menderita flu. Kasus flu dan penangguhan kelas berikutnya juga dilaporkan di sekolah lain di seluruh provinsi Zhejiang, ibu kota Beijing, dan kota terdekat Tianjin.

Twindemik, istilah untuk penyakit gabungan covid-19 dan influenza, semakin memburuk di Tiongkok, yang telah bertahun-tahun melakukan beberapa tindakan paling ketat di dunia. Ketergesaan tak terduga Tiongkok untuk mencabut hampir semua pembatasan pandemi pada awal Desember 2022 memicu kenaikan kasus covid-19 terbanyak di dunia.

Tiongkok melaporkan hampir 90% dari 1,4 miliar penduduknya terinfeksi dalam waktu kurang dari dua bulan. Pemerintah masih melaporkan sekitar 10ribu kasus covid-19 setiap hari yang memgacu pada hasil tes.

Kasus influenza juga meningkat seiring kembali normalnya pra-pandemi. Tingkat positif flu Tiongkok melonjak menjadi 3,4% dari 0,7% yang berakhir 12 Februari. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok juga memperingatkan wabah norovirus, yang menyebabkan demam, muntah, dan diare, penyakit tangan, kaki dan mulut dan cacar air, yang semuanya dapat dengan mudah muncul di sekolah. (OL-8)

Baca Juga

AFP/ALAIN JOCARD

Peraih Nobel Annie Ernaux Kutuk Pelecehan Polisi Prancis kepada Demonstran Macron

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 28 Maret 2023, 19:25 WIB
PERAIH Nobel Sastra 2022 Annie Ernaux mendukung penyelidikan empat siswi yang dilecehkan oleh polisi di kota Nantes, saat mengikuti...
AFP/Sahel

Pendiri Proyek Pendidikan Anak Perempuan Afghanistan Ditangkap

👤Ferdian Ananda 🕔Selasa 28 Maret 2023, 18:41 WIB
Matiullah Wesa, kepala PenPath dan advokat untuk pendidikan anak perempuan, ditangkap Taliban di Kabul pada hari Senin,...
Dok. AFP/Hartmann

Ukraina Terima Tank Tempur Leopard dan Challenger

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Maret 2023, 16:13 WIB
Jerman dan Inggris telah mengirimkan paket pertama tank tempur ke Ukraina, yakni tank tempur Leopard dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya