Kamis 26 Januari 2023, 11:37 WIB

Tiongkok Klaim Angka Kematian Covid-19 Turun 80%

Cahya Mulyana | Internasional
Tiongkok Klaim Angka Kematian Covid-19 Turun 80%

AFP/Noel CELIS
Ilustrasi

 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Tiongkok mengumumkan penurunan angka harian akibat covid-19 telah turun hampir 80% sejak awal bulan. Itu sebagai tanda bahwa lonjakan infeksi yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu mungkin mulai mereda.

Gelombang kasus virus ini telah melanda negara terpadat di dunia itu sejak Beijing tiba-tiba mengakhiri kebijakan nol-Covid bulan lalu. CDC pekan lalu mengatakan hampir 13ribu orang telah meninggal akibat Covid-19 antara 13 hingga 19 Januari.

CDC menambah pengumuman sebelumnya bahwa sekitar 60ribu orang telah meninggal karena virus di rumah sakit hanya dalam waktu sebulan. Tetapi pengumuman pemerintah daerah dan laporan media baru-baru ini mengindikasikan bahwa gelombang itu mungkin mulai surut sejak memuncak pada akhir Desember dan awal Januari ketika rumah sakit dan krematorium penuh sesak.

Badan tersebut juga melaporkan 896 kematian yang disebabkan oleh virus ini di rumah sakit pada Senin (21/1), angka itu turun 79% dari 4 Januari. Jumlah pasien dengan gejala berat di rumah sakit juga menyusut menjadi 36ribu, turun 72% dari angka tertinggi 128ribu pada 5 Januari.

Pengumuman itu dikeluarkan selama hari libur umum terbesar Tiongkok, Tahun Baru Imlek. Hingga Selasa (22/1), sekitar 664 juta perjalanan telah dilakukan secara nasional selama periode perjalanan Tahun Baru Imlek. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP

Indonesia Memiliki Posisi Unik Dan Kuat Di ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:45 WIB
PENGAMAT internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Faris Al Fadhat, mengatakan Indonesia memiliki posisi yang unik sekaligus...
AFP/Philippe Lopez.

Eropa di Antara Persaingan Ekonomi AS-Tiongkok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:50 WIB
Amerika Serikat telah mengadopsi Inflation Reduction Act (IRA) yang berisi investasi, subsidi, dan pemotongan pajak senilai US$370 miliar...
AFP.

Indonesia Ingin Tengahi Perundingan Kode Etik Laut Tiongkok Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:35 WIB
Putaran perundingan berikutnya dengan Indonesia sebagai ketua ASEAN akan berlangsung pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya