Selasa 03 Januari 2023, 14:07 WIB

7 Warganya Ditangkap, Inggris Cap Garda Revolusi Iran sebagai Teroris

Cahya Mulyana | Internasional
7 Warganya Ditangkap, Inggris Cap Garda Revolusi Iran sebagai Teroris

Iran's Islamic Revolutionary Guard Corps (IRGC) / AFP
Garda Revolusi Iran

 

INGGRIS akan mendeklarasikan Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teroris. Keputusan itu menyusul penangkapan tujuh warganya oleh militer Iran tersebut.

“Langkah tersebut, yang akan diumumkan dalam beberapa minggu, didukung oleh Menteri Keamanan Inggris, Tom Tugendhat, dan Menteri Dalam Negeri Suella Braverman,” kata laporan itu.

Menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teroris berarti menganggap siapa pun menjadi bagian dari kelompok tersebut, menghadiri pertemuannya, dan membawa logonya di depan umum sebagai tindak pidana.

Baca juga: Pangeran Harry Tuding Istana tidak Ada Keinginan untuk Berdamai

Garda Revolusi Iran pekan lalu menangkap tujuh orang yang memiliki hubungan dengan Inggris atas protes anti-pemerintah yang telah mengguncang negara itu setelah kematian Mahsa Amini, seorang Kurdi Iran berusia 22 tahun yang ditangkap karena mengenakan ‘pakaian tidak pantas’ di bawah aturan Iran yang ketat. Ini termasuk kode berpakaian untuk wanita.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada Rabu mendesak Iran untuk berhenti menahan warga yang memiliki kewarganegaraan ganda, dengan mengatakan praktik tersebut tidak boleh digunakan untuk mendapatkan pengaruh diplomatik.(The Telegram/Cah)

Baca Juga

AFP/HALEY WALSH

AS Tembak Jatuh Balon Mata-mata Tiongkok  

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:45 WIB
Pengintaian Tiongkok ini menambah tegang hubungan Beijing dan Washington. Balon itu terlihat sejak pagi hari di atas Carolina saat...
AFP

Indonesia Memiliki Posisi Unik Dan Kuat Di ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:45 WIB
PENGAMAT internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Faris Al Fadhat, mengatakan Indonesia memiliki posisi yang unik sekaligus...
AFP/Philippe Lopez.

Eropa di Antara Persaingan Ekonomi AS-Tiongkok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:50 WIB
Amerika Serikat telah mengadopsi Inflation Reduction Act (IRA) yang berisi investasi, subsidi, dan pemotongan pajak senilai US$370 miliar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya