Kamis 01 Desember 2022, 21:44 WIB

Indonesia Terbukti Jadi Penggerak Semangat Kolaborasi

Gana Buana | Internasional
Indonesia Terbukti Jadi Penggerak Semangat Kolaborasi

MI/Gana Buana
Menlu Retno Marsudi

 

INDONESIA telah terbukti berhasil menjadi penggerak dalam semangat presidensi G20. Bahkan, di tengah krisis global Indonesia telah membangkitkan semangat kolaborasi di antara negara anggota G20.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, semangat kolaborasi telah menjadi sejarah Indonesia. Hal ini telah tercetus dalam pidato Konfrensi Asia Afrika Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

“Pada 1960 pidato Presiden Soekarno mengejutkan dunia, Ia menggaris bawahi tentang semangat kolaborasi akan menyelesaikan masalah yang ada,” ungkap Retno dalam Public Lecture UIII belum lama ini.

Sebelum acara presidensi G20 ini, banyak mata memandang pesimistis pada Indonesia. Namun, Indonesia berhasil mendelegasikan narasi kebersamaan.

Dalam acara ini, ada dua hal yang digarisbawahi. Pertama, memastikan kesetaraan dalam pemerintaah global. Indonesia menunjukan bahwa negara berkembang membangun world township. Kedua, dalam presidensi G20 memastikan bahwa hasilnya tidak terbatas ada narasi namun tindakan nyata.

“Untuk pertama kalinya juga dalam presidensi T20 menghasikan proyek-proyek yang bermanfaat bagi negara-negara berkembang. Setidaknya itu ada dalam deklarasi 361 proyek senilai USD 300 miliar,” jelas Retno.

Selain itu, Indonesia juga telah menampakan DNA sebagai jembatan pembangun untuk mencari titik temu mempertahankan perbedaan. Sehingga, pelajar Indonesia dapat bangga terhadap prestasi ini.

“Anggota G20 menjaga untuk membangun kerjasama yang kuat antar negata anggota,” tandas dia. (OL-8)

Baca Juga

KCNA VIA KNS / AFP

Adik Kim Jong-un Turut Kecam AS yang Kirim Tank Abrams ke Ukraina

👤¬†Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 13:36 WIB
 Kim Yo Jong, mengutuk keputusan Amerika Serikat (AS) untuk memasok tank-tank tempur canggih kepada Ukraina dalam membantu...
AFP

Tingkat Perjalanan di Tiongkok Melonjak Saat Liburan Tahun Baru Imlek

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 13:26 WIB
Kondisi ini dipicu setelah pihak berwenang mencabut pembatasan Covid-19 yang telah menghambat perjalanan selama tiga tahun...
AFP

Polisi AS Rilis Video Petugas Tendang dan Pukul Pria Kulit Hitam

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 13:06 WIB
Kota Memphis merilis rekaman video grafis yang mengejutkan tentang pertemuan penuh kekerasan antara Tyre Nichols, seorang pria kulit hitam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya