Kamis 17 November 2022, 14:26 WIB

Gugun Gumilar Apresiasi Kepemimpinan Jokowi Selama Presidensi G-20

Mediaindonesia.com | Internasional
Gugun Gumilar Apresiasi Kepemimpinan  Jokowi Selama Presidensi G-20

MI/HO
Direktur Institute of Democracy and Education (IDE) Gugun Gumilar

 

DIREKTUR Institute of Democracy and Education (IDE) Gugun Gumilar menilaiepemimpinan Presiden Joko Widodo selama Presidensi G20 berdampak positif bagi Indonesia dan dunia.

“Sejauh yang saya amati rangkaian pelaksanaan G20 pada 15-16 November 2022 di Bali cukup sukses dan berhasil baik. Presiden Jokowi dan Ketua Penyelenggara Menko Luhut B. Panjaitan berserta tim sangat intens dalam rangkaian acara G20 hingga mampu memberikan citra dampak positif dan konkret bagi kepentingan Indonesia,“ kata Gugun dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (17/11).

Menurut Gugun, Presiden Jokowi memperlihatkan kepada dunia dan masyarakat  bahwa Indonesia serius mengenai solusi isu isu global terutama isu perdamaian dan lingkungan. Selain itu juga berhasil menyelenggarakan acara secara subtansi dan materi dalam berbagai hal. 

‘‘Saya juga mengapresiasi Presiden Jokowi menggalang aksi solidaritas global dalam program Pandemic Fund atau dana pandemi di tengah perhelatan G20 di Bali. Pandemic Fund sangat bermanfaat untuk membantu percepatan penanganan pandemi di masa depan dari sisi pendanaan bagi negara-negara yang membutuhkan," ujar mantan Duta Muda PBB ini.

Selain itu, Gugun mengatakan bahwa Presiden Jokowi berhasil mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration.

‘‘Saya mengareasisi keberhasilan Jokowi dalam G20 dimulai dengan keinginan untuk menyatukan harapan semua negara di dunia, mewujudkan pemulihan ekonomi dari pandemi covid-19 dan berbagai tantangan global terutama perdamaian. Lalu mengakhiri perang di berbagai belahan dunia. Bagus sekali peran Indonesia dalam percaturan internasional. Kerberhasilan diplomasi G20 Bali Leaders Declaration bisa disepakati dan disahkan," tandas lulusan PhD dari Dublin University ini. (OL-8)

Baca Juga

Ist

Penjualan Senjata Global Meningkat selama 7 Tahun

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 05 Desember 2022, 18:34 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 juga meningkatkan tantangan rantai pasokan bagi perusahaan senjata di seluruh dunia, kata...
AFP

Tiongkok Tidak Terima Vaksin Barat Meskipun Ada Ancaman

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 04 Desember 2022, 20:05 WIB
Tiongkok belum menyetujui vaksin Covid-19 asing, memilih yang diproduksi di dalam...
NICOLAS ASFOURI / AFP

Tiongkok Longgarkan Pembatasan dalam Pergeseran Kebijakan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 04 Desember 2022, 18:30 WIB
Penduduk tidak perlu lagi menunjukkan bahwa mereka telah dites negatif untuk tes Covid untuk memasuki kereta bawah tanah, bus, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya