Kamis 20 Oktober 2022, 20:39 WIB

PM Inggris Liz Truss Mengundurkan Diri setelah 44 hari Menjabat

Ferdian Ananda Majni, Mesakh Ananta Dachi | Internasional
PM Inggris Liz Truss Mengundurkan Diri setelah 44 hari Menjabat

Daniel LEAL / AFP
Liz Truss

 

PERDANA Menteri Inggris Liz Truss menyampaikan bahwa dia mengundurkan diri sebagai perdana menteri, Kamis (20/10). Truss akan menjadi perdana menteri pertama dengan masa jabatan terpendek.

Liz Truss mundur dari kursi PM Inggris setelah meningkatnya tekanan dari anggota Partai Konservatif hanya dalam dua bulan menjabat. Truss menghadapi masa depan yang sangat tidak pasti setelah pemungutan suara parlemen pada Rabu malam berubah menjadi kekacauan.

Anggota partai Konservatif saling berteriak dan memaki satu sama lain, beberapa mengklaim mereka secara fisik dianiaya.

Pemilihan pemimpin akan selesai dalam minggu depan. Berbicara di luar pintu kantor Nomor 10 Downing Street, Truss menerima bahwa dia tidak dapat memenuhi janji yang dia buat saat mencalonkan diri sebagai pemimpin Konservatif, setelah kehilangan kepercayaan dari partainya.

Baca juga: AS Pertimbangkan Produksi Senjata Bersama Taiwan

“Namun saya mengakui, mengingat situasinya, saya tidak dapat menyampaikan mandat di mana saya dipilih oleh Partai Konservatif. Karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberi tahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif,” katanya.

“Pagi ini saya bertemu dengan ketua Panitia 1922, Sir Graham Brady. Kami telah sepakat bahwa akan ada pemilihan kepemimpinan yang akan diselesaikan dalam minggu depan. Ini akan memastikan bahwa kami tetap berada di jalur untuk mewujudkan rencana fiskal kami dan menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan nasional negara kami.” (AFP/OL-4)

Baca Juga

Antara

Menlu: Meski Sulit, RI Berkomitmen Dorong Perdamaian di Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:02 WIB
Indonesia siap mengedepankan strategi dialog dengan pihak yang terlibat konflik di Myanmar. Kekuatan ASEAN diharapkan menfasilitasi dialog...
AFP/Azwar Ipank.

Kasus Rasmus Paludan, Indonesia Panggil Dubes Swedia Kampanyekan Pluralisme

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan secara langsung sikap terkait aksi tidak terpuji yang dilakukan...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Kebijakan Indonesia Harus Konsisten Bela Palestina sebagai Negara Tertindas

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:36 WIB
Indonesia selalu berempati terhadap Palestina sebagai negara yang tertindas dan ikut membantu rakyatnya dengan terus mendorong penyelesaian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya