Sabtu 17 September 2022, 11:00 WIB

Ratu Elizabeth II akan Dimakamkam Senin (19/8), Berikut Susunan Acaranya

Cahya Mulyana | Internasional
Ratu Elizabeth II akan Dimakamkam Senin (19/8), Berikut Susunan Acaranya

AFP/James Manning
Warga Inggris memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II di Istana Westminster, London.

 

PEMAKAMAN Ratu Elizabeth II akan digelar di Westminster Abbey, London, Senin (19/9). Agenda itu menjadi puncak dari seluruh prosesi pelayanan terhadap jenazah bangsawan berusia 96 tahun yang meninggal dunia pada Kamis (8/9).

Berikut adalah rangkaian prosesinya. 

Pertama, kembali ke biara Westminster. Gereja ini terakhir kali digunakan untuk upacara pemakaman kerajaan yakni saat menguburkan Raja George II pada 1760.

Sejak itu, gereja yang biasa digunakan adalah Kapel St George di Kastil Windsor, tetapi Elizabeth memilih tempat yang lebih besar.

Baca juga: Raja Charles Pimpin Prosesi Penghormatan Ratu Elizabeth II di Wales

Persemayaman peti Ratu Elizabeth II di Westminster Hall yang dimulai sejak Rabu (15/8) akan diakhiri pada Senin (19/9) pukul 6:30. Setelah itu, pintu Westminster Hall akan ditutup untuk persiapan pemindahan jenazah tersebut ke biara terdekat.

Pada pukul 10:35 waktu setempat, rombongan pembawa peti jenazah akan mengangkat jenazah Ratu dari catafalque ke kereta meriam negara di luar Pintu Utara Westminster Hall. Kereta meriam negara adalah kereta meriam lapangan di bawah otoritas angkatan laut kerajaan sejak 1901 atau sejak prosesi pemakaman Ratu Victoria.

Kereta itu juga digunakan untuk pemakaman Raja Edward VII, George V, ayah ratu George VI, perdana menteri masa perang Winston Churchill, dan Lord Louis Mountbatten, yang merupakan raja muda terakhir India yang dikuasai Inggris. Kereta itu ditarik 142 pelaut tamtama junior pada pukul 10:44.

Putra tertua dan penerus tahta, Raja Charles III, akan memimpin anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti jenazah ke Gerbang Barat Biara Westminster, dan diperkirakan tiba pada pukul 10:52.

Pemakaman akan dipimpin Dekan Westminster, David Hoyle, dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby sebagai pemberi kotbah pada pukul 11:00. 

Menjelang akhir kebaktian, sekitar pukul 11.55 WIB, akan terdengar bunyi terompet Last Post yang disusul dengan prosesi mengheneningkan cipta selama dua menit.

Bandara Heathrow London menyampaikan penerbangan keluar masuk akan dihentikan selama 15 menit, sebelum dan sesudah mengheningkan cipta. Ibadah akan ditutup dengan lagu kebangsaan dan ratapan, ekspresi musik kesedihan, sekitar tengah hari.

Berikutnya, operasi keamanan besar. Westminster Abbey dapat menampung hingga 2.200 orang. Kuota sebanyak itu akan diisi anggota keluarga, Perdana Menteri Inggris Liz Truss, politisi senior, mantan perdana menteri, dan lebih dari 100 raja, ratu dan kepala negara dan undangan lainnya.

Undangan dikirim ke perwakilan dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Inggris. Namun, pihak istana belum merilis daftar tamu resmi. Dapat dipastikan Rusia dan Belarus tidak diundang karena perang di Ukraina, kata sumber-sumber diplomatik pekan ini.

Myanmar, yang dikelola militer, dan Korea Utara, yang terisolasi, juga tidak diundang. Begitu juga perwakilan dari Suriah, Venezuela, atau Afghanistan yang dikuasai kelompok Taliban.

Perjalanan ke Windsor

Pada pukul 12:15, peti jenazah akan ditarik dengan kereta meriam, diikuti dengan berjalan kaki oleh anggota keluarga kerajaan yang dipimpin Raja, ke Wellington Arch di Hyde Park Corner dekat Istana Buckingham. Dari sana, peti akan dibawa ke Windsor dengan mobil jenazah kerajaan.

Mobil jenazah akan tiba di Windsor pada pukul 15:06 dan menuju kastil melalui jalan Long Walk, sekali lagi dengan penerbangan keluar masuk yang dihentikan, karena kastil berada di jalur penerbangan Heathrow. 

Raja dan anggota senior keluarga kerajaan akan mengikuti prosesi dengan berjalan kaki dari Quadrangle di Kastil Windsor sekitar pukul 15:40 sebelum rombongan berhenti di kapel pada pukul 15:53.

Setelah itu, layanan komitmen yang disiarkan televisi dimulai pada pukul 16:00

Ibadah pada Senin (19/9) diperkirakan akan dihadiri sedikitnya 800 orang, yang sebagian besar tidak akan hadir di biara. Mereka akan mencakup anggota staf terdahulu dan sekarang yang bekerja untuk Ratu.

Di akhir kebaktian, peti mati akan diturunkan ke Royal Vault saat peniup ratu memainkan ratapan dari ambang pintu dan Uskup Agung Canterbury mengucapkan berkat. God Save the King akan dinyanyikan dan kebaktian berakhir.

Tempat peristirahatan terakhir

Sebuah prosesi pemakaman pribadi akan diadakan pada pukul 19:30. Tempat peristirahatan terakhir sang Ratu adalah kapel peringatan Raja George VI, yang merupakan lampiran dari kapel utama, bersama suaminya Pangeran Philip.

Ibu dan ayah ratu, Raja George VI dan Ratu Elizabeth ibu suri, dimakamkan di sana bersama abu adik perempuan Ratu Elizabeth II, Putri Margaret. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya