Rabu 24 Agustus 2022, 09:27 WIB

Banding Ditolak, Najib Razak Langsung Dieksekusi

Cahya Mulyana | Internasional
Banding Ditolak, Najib Razak Langsung Dieksekusi

AFP/Mohd RASFAN
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak

 

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Ia dibui di Penjara Kajang, Malaysia. Najib tiba di Penjara Kajang pada pukul 18.05 waktu setempat, Selasa (23/8).

Kerumunan pendukung Najib yang hadir di Pengadilan Federal kemarin, di mana ia gagal dalam banding terakhirnya terhadap vonis bersalah Pengadilan Tinggi dalam kasus korupsi SRC International, tidak pernah datang untuk melihat pemimpin mereka pergi saat ia memulai hukuman penjara 12 tahun.

Sebuah mobil SUV berwarna hitam yang diketahui membawa Najib masuk ke dalam penjara disertai iring-iringan kendaraan polisi. Awak media sebelumnya telah berkumpul di Penjara Sungai Buloh sekitar pukul 17.00 sore.

Namun, Najib dibawa ke Penjara Kajang. Keputusan Pengadilan Federal menandai momen bersejarah bagi politik Malaysia dengan mantan perdana menterinya masuk penjara.

Pengadilan tertinggi Malaysia Selasa 23 Agustus 2022 menguatkan hukuman penjara 12 tahun kepada mantan Perdana Menteri Najib Razak. Ini terkait korupsi dalam skandal keuangan 1Malaysia Development Berhad (1MDB). "Kami menentukan bahwa banding tanpa manfaat. Kami menemukan keyakinan dan hukuman aman," kata Ketua Hakim Maimun Tuan Mat atas nama panel lima hakim.

"Berdasarkan hal tersebut di atas, adalah pandangan bulat kami bahwa bukti yang dibawa selama persidangan menunjukkan kesalahan besar pada semua tujuh dakwaan," pungkas mereka. (Malay Mail/OL-12)

Baca Juga

AFP/Azwar Ipank.

Kasus Rasmus Paludan, Indonesia Panggil Dubes Swedia Kampanyekan Pluralisme

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan secara langsung sikap terkait aksi tidak terpuji yang dilakukan...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Kebijakan Indonesia Harus Konsisten Bela Palestina sebagai Negara Tertindas

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:36 WIB
Indonesia selalu berempati terhadap Palestina sebagai negara yang tertindas dan ikut membantu rakyatnya dengan terus mendorong penyelesaian...
AFP/Hazem Bader.

Indonesia Desak Israel Hentikan Kekerasan di Palestina

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:09 WIB
Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengkhawatirkan kenaikan angka kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya