Rabu 13 Juli 2022, 20:35 WIB

AS Undang ke Washington Keluarga Jurnalis Al Jazeera yang Tewas

Mediaindonesia.com | Internasional
AS Undang ke Washington Keluarga Jurnalis Al Jazeera yang Tewas

AFP/Jack Guez.
Presiden AS Joe Biden (tengah) disambut oleh Presiden Israel Isaac Herzog (kiri) dan Perdana Menteri Yair Lapid di Bandara Ben Gurion.

 

PEMERINTAHAN Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengundang kerabat jurnalis Al Jazeera yang terbunuh Shireen Abu Akleh ke Washington. Ini dikatakan seorang pejabat Amerika, Rabu (13/7), ketika Biden tiba di Israel.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken, "Mengundang keluarga ke Amerika Serikat untuk dapat duduk dan terlibat dengannya secara langsung," ungkap Penasihat Keamanan Nasional Biden Jake Sullivan kepada wartawan di atas Air Force One yang kemudian mendarat di Israel tak lama kemudian. 

Abu Akleh, seorang Palestina-Amerika, tewas saat meliput serangan tentara Israel di Tepi Barat yang diduduki pada Mei. Perserikatan Bangsa-Bangsa menyimpulkan bahwa jurnalis Palestina-Amerika itu tewas oleh tembakan Israel.

Baca juga: Kerabat Jurnalis Al Jazeera yang Terbunuh Minta Bertemu Biden

Washington menyetujui kemungkinan itu, tetapi juga mengatakan tidak ada bukti pembunuhan itu disengaja. Keluarga Abu Akleh menyuarakan kemarahan atas tanggapan hina pemerintahan Biden atas kematiannya.

Lina Abu Akleh, keponakan Shireen, membenarkan bahwa dia telah berbicara dengan Blinken pada Rabu. "Kami mendapat telepon beberapa jam yang lalu, sekitar tengah hari, dan kami mengulangi tuntutan kami serta permintaan kami untuk bertemu dengan presiden pada saat kedatangannya," di Jerusalem, katanya kepada AFP.

Baca juga: Iran Sebut Tuntutannya dalam Pembicaraan Nuklir masih Masuk Akal

Dia mengatakan keluarga itu menyuarakan kekecewaan dengan pernyataan Washington pada 4 Juli tentang pembunuhan Abu Akleh yang tampaknya membersihkan pasukan Israel dari kesalahan yang disengaja. Blinken, kata Lina Abu Akleh, tidak memberikan indikasi keluarga itu akan bertemu dengan pejabat tinggi AS saat delegasi Biden berada di Jerusalem. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Australia Kecam Pemberian Remisi Umar Patek

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 18:37 WIB
Bagi Australia, kata dia, narapidana dengan kasus tertentu seperti terorisme sulit mendapatkan pengurangan...
AFP

Myanmar Hadapi Krisis BBM dan Sembako

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 18:04 WIB
 Harga bahan bakar minyak (BBM) dan sembilan bahan pokok (Sembako) melambung hingga...
AFP

Myanmar Impor BBM dari Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 18:03 WIB
Junta Myanmar berencana membeli bahan bakar minyak (BBM) juga gas dari Rusia. Langkah itu untuk meningkatkan stok dan meredam kenaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya