Selasa 07 Juni 2022, 09:20 WIB

Ukraina Terima Kasih Dapat Pasokan Roket dari Inggris

Cahya Mulyana | Internasional
Ukraina Terima Kasih Dapat Pasokan Roket dari Inggris

AFP
Spesifikasi sistem peluncur roket Himars buatan Amerika Serikat yang diberikan untuk militer Ukraina.

 

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, Inggris telah menyediakan senjata yang dibutuhkan Kiev untuk melawan Rusia. Ia berterima kasih kepada Perdana Menteri Boris Johnson atas pemahaman tentang kebutuhan tersebut.

"Saya berterima kasih kepada Perdana Menteri Boris Johnson atas pemahaman penuh atas tuntutan dan kesiapan kami untuk menyediakan senjata yang dibutuhkan Ukraina untuk melindungi kehidupan rakyat kami," kata Zelenskyy.

Inggris mengatakan bahwa dalam koordinasi dengan Amerika Serikat (AS), mereka akan memasok Ukraina dengan sistem roket peluncuran ganda.

Sistem itu dapat menyerang target hingga 80 km sebagai bagian dari bantuan militer baru Inggris untuk Kiev.

Langkah AS membuat marah Moskow. pada Minggu (5/6), Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan memperluas daftar target yang akan diserang Rusia di Ukraina jika negara-negara Barat mengirim senjata jarak jauh ke Kiev.

Baca juga: Gedung Putih Bela Rencana Biden Bertemu Putra Mahkota Saudi

Pemerintah Inggris mengatakan, militer Ukraina akan dilatih tentang cara menggunakan peluncur di Inggris dalam beberapa minggu mendatang.

Mengumumkan langkah tersebut, Wallace menuturkan, Inggris mengambil peran utama dalam memasok pasukan Ukraina.

Selama Senin (6/5), pasukan Ukraina dan Rusia bertempur di jalan untuk menguasai kota industri Sievierodonetsk dalam pertempuran penting dari serangan Kremlin di wilayah Donbas timur Ukraina.

Zelensky dan Johnson mengadakan percakapan telepon di mana, ia sebelumnya mengatakan, keduanya mencari cara untuk menghindari krisis pangan dan membuka blokir pelabuhan Ukraina.

Hal itu mengacu pada blokade laut Rusia di Ukraina yang membuat Ukraina tidak dapat mengekspor banyak dari hasil pertaniannya. (Channelnewsasia/Cah/OL-09)

Baca Juga

AFP

Indonesia Nilai Referendum Ilegal Rusia Persulit Penyelesaian Konflik di Ukraina

👤Ant 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:47 WIB
Referendum tersebut telah menjadi dasar pencaplokan ilegal empat wilayah Ukraina, yaitu Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan...
AFP/Ricardo ARDUENGO

Korban Tewas Badai Ian 54 Orang dan Bawa Kapal ke Parkir Mobil

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 19:02 WIB
Jembatan ke Pulau Pine, pulau penghalang terbesar di lepas Pantai Teluk Florida hancur oleh badai sehingga hanya dapat diakses dengan...
AFP

Inggris Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 16:06 WIB
Tingginya angka kematian dalam tragedi ini, disebut-sebut sebagai yang terburuk dalam sejarah sepak bola Indonesia, menyita perhatian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya