Kamis 05 Mei 2022, 17:19 WIB

Batalion Azov Tolak Menyerah, Rusia Siap Gempur Pabrik Baja Azovstal

Nur Aivanni | Internasional
Batalion Azov Tolak Menyerah, Rusia Siap Gempur Pabrik Baja Azovstal

AFP/Sergey Bobok
Batalion Azov yang disebut sebagai Neo-Nazi berkumpul di wilayah Mariupol, Ukraina, sebelum terdesak dan bertahan di pabrik baja.

 

UKRAINA mengatakan bahwa Rusia berusaha menghancurkan tentara yang tersisa yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal di Mariupol.

"Penjajah Rusia fokus untuk memblokir dan mencoba menghancurkan unit Ukraina di daerah Azovstal," kata tentara Kyiv dalam sebuah pernyataan pada Kamis (5/5).

"Dengan dukungan pesawat, Rusia melanjutkan serangan untuk mengambil kendali pabrik itu," tambahnya.

Pernyataan itu muncul saat gencatan senjata yang diumumkan Rusia akan dimulai di pabrik yang dikepung tersebut.

Di pabrik itu terdapat ratusan tentara Ukraina dari batalion Azov, kelompok ultransionalis dan dikenal sebagai Neo-Nazi  yang berusaha bertahan dan beberapa warga sipil yang telah terperangkap selama berminggu-minggu.

Baca juga: Intel AS Diklaim Bantu Ukraina Targetkan Jenderal Rusia

Seorang komandan batalion Azov, yang memimpin pertahanan Mariupol, mengatakan pada Rabu (4/5) malam bahwa tentara Rusia telah memasuki pabrik itu dan bahwa ada pertempuran berdarah yang sedang berlangsung.

"Selama dua hari, musuh menyerbu masuk ke dalam pabrik baja," kata komandan Azov Denys Prokopenko dalam sebuah video di Telegram.

"Situasinya sangat sulit tetapi meskipun demikian kami terus menjalankan perintah untuk mempertahankan pertahanan," ucapnya.

Pada Rabu (4/5), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Sekjen PBB Antonio Guterres untuk membantu menyelamatkan unitnya di Azovstal.

Pemimpin Ukraina itu mengatakan dalam pidato video terpisah kemudian bahwa masih ada warga sipil - perempuan dan anak-anak - yang terjebak di Azovstal dan bahwa Kyiv sedang bernegosiasi untuk menyelamatkan mereka. (AFP/Nur)

Baca Juga

dok.AFP

AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Bantu Ukraina Lawan Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 24 Mei 2022, 10:10 WIB
MENTERI Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa sekitar 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi...
Antara

AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Baru untuk Ukraina

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 24 Mei 2022, 09:22 WIB
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa sekitar 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi...
Handout / AUSTRALIA DEFENCE FORCE / AFP

Pemimpin Empat Negara Bertemu Bahas Kekuatan Militer Tiongkok

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 24 Mei 2022, 09:14 WIB
KTT Empat Negara (Quad) untuk menanggapi kebijakan Beijing yang meningkatkan kekuatan militer di sekitar wilayah yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya