Rabu 30 Maret 2022, 11:16 WIB

Tiongkok, Rusia, Pakistan, dan AS akan Bertemu Bahas Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok, Rusia, Pakistan, dan AS akan Bertemu Bahas Afghanistan

GREG BAKER / AFP
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

 

SEORANG diplomat tinggi Amerika Serikat (AS) akan bertemu pekan ini di Tiongkok untuk membahas masalah di Afghanistan dengan rekan-rekannya dari Tiongkok, Rusia, dan Pakistan. Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Tiongkok dan Departemen Luar Negeri AS pada Selasa (29/3).

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan AS memahami bahwa Tiongkok telah mengundang perwakilan Taliban ke pembicaraan di Tunxi.

Adapun juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan bahwa utusan khusus Tiongkok untuk Afghanistan Yue Xiaoyong akan menjadi tuan rumah pertemuan itu.

Dikatakan juru bicara Departemen Luar Negeri, Tom West, perwakilan khusus AS untuk Afghanistan, akan menghadiri pembicaraan yang disebut Extended Troika: tiga kekuatan dunia ditambah Pakistan.

Baca juga: PBB Desak Taliban Izinkan Anak Perempuan Bersekolah

Pembicaraan itu dilakukan dengan latar belakang invasi Rusia ke Ukraina dan saat Afghanistan menderita krisis ekonomi dan kemanusiaan yang diperburuk oleh penghentian bantuan keuangan setelah pengambilalihan Taliban pada Agustus.

Pertemuan itu, kata Wang, berlangsung saat para menteri luar negeri dari tetangga Afghanistan bertemu pada Rabu dan Kamis di Provinsi Anhui, Tiongkok timur.

Pertemuan tersebut akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi dan dihadiri oleh penjabat Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi, serta diplomat dari Pakistan, Iran, Rusia, Tajikstan, Turkmenistan, Uzbekistan, Indonesia dan Qatar. (Straits Times/Nur/OL-09)

Baca Juga

dok.mi

Presiden AAYG Dukung Pemerintah RI Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:45 WIB
Presiden Asian African Youth Government (AAYG), Respiratori Saddam Al Jihad mendukung pemerintah RI untuk terlibat aktif mewujudkan...
dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya