Rabu 09 Maret 2022, 10:36 WIB

Induk KFC Hentikan Investasi di Rusia

Mediaindonesia.com | Internasional
 Induk KFC Hentikan Investasi di Rusia

AFP/BEN STANSALL
Restoran KFC

 

Yum Brands Inc, perusahaan induk rantai ayam goreng KFC, mengatakan pihaknya menghentikan investasi di Rusia, pasar utama yang membantu merek tersebut mencapai rekor pengembangan tahun lalu.

Yum juga mengatakan pihaknya menangguhkan operasi 70 restoran KFC milik perusahaan di negara itu dan menyelesaikan kesepakatan untuk menangguhkan semua operasi restoran Pizza Hut di Rusia, dalam kemitraan dengan pemegang waralaba utama.

Yum, yang memiliki setidaknya 1.000 lokasi KFC dan 50 Pizza Hut di Rusia yang hampir semuanya merupakan pemegang waralaba independen, mengatakan dalam sebuah posting di situs webnya tertanggal Senin (7/3) bahwa pihaknya telah "menangguhkan semua investasi dan pengembangan restoran di Rusia sementara kami terus menilai opsi tambahan."

Restoran-restoran tersebut dimiliki dan dioperasikan secara independen melalui perjanjian waralaba, yang berarti Yum tidak memiliki kendali sebanyak jika menjalankannya sendiri, tetapi juga memiliki risiko keuangan dan operasional yang lebih sedikit.

Tahun lalu adalah tahun rekor pengembangan untuk KFC, dipimpin oleh pembukaan restoran baru di Tiongkok, India dan Rusia, kata para eksekutif selama telekonferensi membahas hasil keuangan periode pelaporan pada 9 Februari.

Secara keseluruhan, KFC internasional membuka lebih dari 2.400 unit kotor pada 2021. Di Rusia, perusahaan membuka sekitar 100 restoran baru setiap tahun dan berharap untuk melanjutkan "strategi ekspansi serupa ke depan."

Banyak perusahaan mulai menarik bisnis mereka keluar dari Rusia di tengah sanksi dan kemarahan atas invasi Ukraina. Seruan untuk lebih banyak perusahaan mengikutinya semakin meningkat.

McDonald's Corp mengatakan pada Selasa (8/3) bahwa mereka akan menutup sementara semua 847 restorannya di Rusia termasuk lokasi di Pushkin Square yang ikonik, meningkatkan tekanan pada merek global lainnya untuk menghentikan operasi di negara itu setelah invasi Moskow ke Ukraina.

Merek global utama, termasuk PepsiCo Inc, telah ditekan untuk menarik diri dari Rusia oleh konsumen dan investor seperti dana pensiun negara bagian New York. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/ILYAS AKENGIN

Turki Serukan Solidaritas Nasional, Pemimpin Dunia Sampaikan Duka

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:11 WIB
Erdogan mengungkapkan bahwa selain NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dan Uni Eropa, 45 negara sudah menawarkan bantuan kepada...
AFP

Presiden: Indonesia Berdiri dalam Solidaritas bersama Turki dan Suriah

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:48 WIB
"Pikiran dan doa kami bersama seluruh keluarga dan korban. Indonesia akan berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Turki dan...
AFP/Can Erok

Erdogan Perintahkan Evakuasi Korban Gempa 7,8 M

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:15 WIB
“Kami berharap dapat melewati bencana ini bersama-sama secepat mungkin dan dengan kerusakan yang paling...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya