Rabu 09 Februari 2022, 07:49 WIB

AS Temukan Varian Omikron pada Rusa

Mediaindonesia.com | Internasional
AS Temukan Varian Omikron pada Rusa

AFP/JED JACOBSOHN
Ilustrasi: rusa.

 

Penemuan varian Omikron pada rusa ekor putih di New York telah menimbulkan kekhawatiran bahwa spesies itu, yang berjumlah 30 juta di Amerika Serikat, dapat menjadi inang dari varian baru virus korona, kata seorang peneliti utama, Selasa (8/2).

Darah dan beberapa sampel usap hidung dari 131 rusa yang ditangkap di Staten Island, New York mengungkapkan bahwa hampir 15 persen memiliki antibodi virus.

Temuan itu menunjukkan bahwa hewan tersebut memiliki infeksi virus korona sebelumnya dan rentan terhadap reinfeksi berulang dengan varian baru, kata para peneliti yang dipimpin oleh para ilmuwan Universitas Negeri Pennsylvania. “Sirkulasi virus dalam populasi hewan selalu meningkatkan kemungkinan menginfeksi kembali ke manusia, tapi yang lebih penting sirkulasi itu memberikan lebih banyak peluang bagi virus untuk berevolusi menjadi varian-varian baru,” kata Suresh Kuchipudi, ahli mikrobiologi veteriner di universitas tersebut.

“Ketika virus benar-benar bermutasi, maka virus itu dapat lolos dari perlindungan vaksin saat ini. Jadi kami harus mengubah vaksin lagi,” kata Kuchipudi.

Penemuan itu --pertama kali Omikron terdeteksi pada hewan liar-- muncul saat lonjakan infeksi Covid-19 yang dipicu oleh varian tersebut mereda di antara populasi manusia AS.

Meskipun tidak ada bukti bahwa hewan menularkan virus itu ke manusia, sebagian besar infeksi virus korona dilaporkan pada spesies yang memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19, menurut Departemen Pertanian AS (USDA).

USDA sebelumnya telah melaporkan Covid-19 pada hewan, termasuk anjing, kucing, harimau, singa, macan tutul salju, berang-berang, gorila, dan cerpelai .  (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Brendan Smialowski.

Lagi, Pembicaraan Nuklir Iran-AS Buntu

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 17:25 WIB
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian mengatakan Iran sangat serius untuk menyelesaikan kesepakatan di Doha, tetapi tidak akan...
Ist

Ini Harapan Missionaris dari Indonesia Terkait Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia-Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:47 WIB
Seorang missionaris Indonesia yang telah berkarya 22 tahun di Rusia mengungkapkan perasaannya dan juga harapannya atas kunjungan...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

3 Warga Israel, 64 Orang Palestina Terluka dalam Bentrokan Semalam

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:09 WIB
Tentara mengatakan menangkap 12 orang dalam operasi terpisah di Tepi Barat pada Rabu malam. Ini serangan terbaru dalam tindakan yang dipicu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya