Minggu 30 Januari 2022, 16:15 WIB

Jelang Olimpiade 2022, Beijing Laporkan Kasus Covid Tertinggi Sejak Juni 2020

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Jelang Olimpiade 2022, Beijing Laporkan Kasus Covid Tertinggi Sejak Juni 2020

AFP
Warga melakukan tes Covid-19 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, Jumat (28/1).

 

BEIJING mencatat jumlah kasus baru covid-19 tertinggi selama satu setengah tahun pada Minggu (30/1), ketika ibu kota Tiongkok itu bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin dalam lima hari mendatang.

Tiongkok akan mengadakan Olimpiade dalam gelembung "loop tertutup" yang ketat sebagai bagian dari strategi nol-covid dari penguncian yang ditargetkan, pembatasan perbatasan, dan karantina yang panjang.

Pendekatan ini telah membantu ekonomi terbesar kedua di dunia itu menjaga jumlah infeksi baru jauh lebih rendah daripada banyak negara lain, tetapi sedang memerangi wabah lokal di beberapa kota serta di gelembung Olimpiade.

Baca jugaKontingen Taiwan akan Absen di Pembukaan Olimpiade Beijing 2022

Tahun Baru Imlek yang akan datang yang merupakan hari libur nasional terbesar di Tiongkok menghadirkan tantangan lebih lanjut ketika jutaan orang kembali ke kampung halaman mereka dan berbaur dengan keluarga dan teman.

Penghitungan 20 kasus baru di Beijing pada hari Minggu adalah yang tertinggi di kota itu sejak Juni 2020, menurut Komisi Kesehatan Nasional (NHC).

Otoritas kota telah mengunci beberapa kompleks perumahan, sementara pejabat di distrik Fengtai, tempat sebagian besar infeksi hari Minggu (30/1) terdeteksi, telah mulai menguji sekitar 2 juta orang untuk virus tersebut.

Gelembung Olimpiade memisahkan semua orang yang terlibat dalam Olimpiade dari populasi Tiongkok yang lebih luas untuk mengekang risiko infeksi yang bocor.

Diperkirakan 60.000 orang di dalam gelembung harus menjalani pengujian harian.

Penyelenggara pada Sabtu (29/1) melaporkan 36 kasus yang terkait dengan Olimpiade, sehingga totalnya menjadi lebih dari 100 sejak gelembung itu disegel pada 4 Januari 2022.

NHC mengatakan pada hari Minggu (30/1) ada 54 kasus lokal baru secara nasional, karena kota kaya Hangzhou di timur dan kota Suifenhe di provinsi timur laut Heilongjiang muncul sebagai titik panas potensial.

Pihak berwenang Tiongkok mengunci daerah tetangga Beijing minggu ini menyusul beberapa kasus yang dilaporkan, tampaknya tidak mengumumkan secara terbuka pembatasan yang telah membatasi sekitar 1,2 juta orang di Area Baru Xiong'an di rumah mereka. (Aiw/ibtmes/OL-09)

Baca Juga

Dok Zayed Award

Pendaftaran Nominator Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 Dibuka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:48 WIB
Panitia Penyelenggara Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 mulai membuka pendaftaram nominator. Pendaftaran event kali keempat ini...
AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...
ANTARA/Muchlis Jr

Presiden Kembali ke Tanah Air dari Abu Dhabi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:35 WIB
Sebelum mengunjungi PEA, Presiden Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya