Sabtu 23 Oktober 2021, 16:28 WIB

Vietnam Siap Buka Kembali Pulau Phu Quoc Bagi Para Pelancong Asing

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Vietnam Siap Buka Kembali Pulau Phu Quoc Bagi Para Pelancong Asing

AFP/HOANG DINH Nam
Destinasi wisata terkenal di Vietnam, Pulau Phu Quoc, yang terletak sekitar 10 km dari Kamboja.

 

VIETNAM berencana membuka kembali pulau resor Phu Quoc bagi pengunjung asing yang telah divaksinasi pada akhir November 2021.

Phu Quoc, yang terletak sekitar 10 km dari Kamboja di Teluk Thailand, memiliki pantai pasir putih dan air jernih, serta pegunungan dan hutan lebat.

Destinasi wisata ini menarik sekitar 670.000 pengunjung dan menghasilkan lebih dari US$18 miliar dari kedatangan internasional pada tahun 2019, dengan pihak berwenang berharap untuk mengubahnya menjadi kiblat wisata dengan gaya Phuket Thailand atau Bali di Indonesia.

“Mulai 20 November 2021, penerbangan charter untuk pelancong internasional dengan paspor vaksin akan disambut di pulau itu,” kata pemerintah pada Jumat (22/10) malam.

Setelah itu, antara akhir Desember dan akhir Maret, pulau ini bertujuan untuk menerima hingga 5.000 kedatangan asing dengan penerbangan charter serupa.

Wisatawan harus menunjukkan sertifikat vaksin bersama dengan hasil tes negatif covid-19 sebelum diizinkan masuk.

Menurut pihak berwenang, mereka harus datang dari tempat-tempat dengan catatan keamanan tinggi dalam pencegahan Covid-19, seperti beberapa bagian Eropa, Timur Tengah, Asia Timur Laut, Asia Tenggara, Amerika Utara, dan Australia.

Rencana sebelumnya untuk membuka Phu Quoc bagi pengunjung internasional pada bulan Oktober dibatalkan karena tingkat vaksinasi yang rendah di antara penduduk.

Tetapi negara Asia Tenggara itu sangat ingin menghidupkan kembali ekonominya setelah berbulan-bulan terkunci karena pandemi virus korona.

Perbatasannya telah ditutup untuk pengunjung internasional sejak awal tahun lalu dan hampir tidak ada penerbangan komersial yang memasuki negara itu.

Menurut media pemerintah, pihak berwenang juga ingin membuka tujuan populer, seperti situs warisan dunia Unesco Ha Long Bay dan kota kuno Hoi An, bagi pelancong asing pada bulan November 2021, tetapi tidak ada rencana yang jelas.

Vietnam telah melaporkan lebih dari 880.000 kasus Covid-19 dan sekitar 21.500 kematian. Kurang dari 20% dari 100 juta penduduknya telah divaksinasi lengkap.

Pengumuman itu muncul setelah Thailand mengatakan para pelancong yang divaksinasi dari lebih dari 40 negara akan diizinkan memasuki negara itu tanpa menjalani karantina pada 1 November mendatang. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/Scott Olson.

Siswa SMA Tersangka Penembakan di AS Hadapi 24 Dakwaan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:32 WIB
Dia menembak orang dari jarak dekat, sering kali ke arah kepala dan...
CHARLY TRIBALLEAU / AFP

Terkait Soal Taiwan, Hubungan Tiongkok dan Jepang Memanas

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:18 WIB
Beijing memanggil duta besar Jepang untuk Tiongkok atas pernyataan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di...
Handout / various sources / AFP

Junta Myanmar Kecam PBB yang Menolak Utusan Pilihannya

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:13 WIB
Penangguhan itu membuat Kyaw Moe Tun, yang ditunjuk oleh pemerintah Suu Kyi, tetap menjadi utusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya