Rabu 06 Oktober 2021, 21:21 WIB

Swedia Hentikan Pemakaian Vaksin Moderna untuk Warga di Bawah 30 Tahun

Swedia Hentikan Pemakaian Vaksin Moderna untuk Warga di Bawah 30 Tahun

AFP
Ilustrasi

 

SWEDIA akan menghentikan penggunaan vaksin COVID-19 Moderna bagi warga kelahiran 1991 ke atas setelah muncul laporan soal potensi efek samping yang langka seperti miokarditis (peradangan pada otot jantung), kata badan kesehatan Swedia, Rabu (6/10).

Badan tersebut menjelaskan data menunjukkan bahwa peningkatan miokarditis dan perikarditis (peradangan pada selaput pembungkus jantung) di kalangan muda dan dewasa muda penerima vaksin.

"Hubungannya sangat kentara ketika dikaitkan dengan vaksin Spikevax Moderna, terlebih setelah dosis kedua," kata badan kesehatan melalui pernyataan dan menambahkan bahwa risiko untuk mengalami dampak sangat kecil.

Badan kesehatan itu menyebutkan bahwa sebagai gantinya kini mereka merekomendasikan vaksin Comirnaty dari Pfizer/Biontech.

Orang-orang kelahiran 1991 ke atas yang menerima dosis pertama Moderna, sekitar 81.000 orang, tidak akan diberi dosis kedua dengan vaksin yang sama, kata lembaga tersebut. 

Awal pekan ini, badan kesehatan Swedia mengatakan orang-orang berusia 12-15 tahun hanya akan mendapatkan suntikan Pfizer/Biontech. Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) pada Mei menyetujui penggunaan vaksin Comirnaty. Sedangkan vaksin Spikevax pada Juli diizinkan penggunaannya pada anak berusia 12 tahun ke atas. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Giuseppe CACACE

Tiongkok, Rusia, dan Iran Bakal Gelar Latihan Militer Gabungan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:51 WIB
Tiongkok, Rusia, dan Iran akan menggelar latihan militer gabungan, demikian laporan media Tiongkok, Rabu...
AFP/NHAC NGUYEN

Vietnam Temukan Kasus Lokal Pertama Omikron

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:29 WIB
Vietnam telah menemukan kasus lokal pertama virus korona varian Omikron, demikian menurut media milik negara pada Rabu...
 CPL Kylie Gibson / Royal Australian Air Force / AFP

Tonga Sebut Tengah Hadapi Bencana dengan Abu Vulkanik Sangat Tebal

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 19 Januari 2022, 09:45 WIB
Kapal Angkatan laut Tonga sedang dikirim ke pulau-pulau yang terkena dampak krisis air bersih dan warga yang sangat membutuhkan bantuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya