Kamis 05 Agustus 2021, 17:01 WIB

Deretan Masalah yang Menanti Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi

Mediaindonesia.com | Internasional
Deretan Masalah yang Menanti Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi

AFP/Kepresidenan Iran.
Ebrahim Raisi.

 

PRESIDEN baru Iran Ebrahim Raisi mengambil sumpah di depan parlemen, Kamis (5/8). Iran menghadapi ekonomi yang terpukul oleh sanksi AS, krisis kesehatan yang parah, dan negosiasi yang sulit tentang program nuklirnya.

Beberapa surat kabar Iran mencatat sejumlah tantangan setelah pelantikannya. Salah satunya, sanksi AS yang mencekik Iran, ekspor vital minyaknya, dan ekonomi berkontraksi lebih dari 6% pada 2018 dan 2019.

"Raisi harus menghadapi banyak tantangan karena banyaknya masalah," tulis editorial surat kabar Kayhan yang ultrakonservatif, Rabu (4/8). Tantangan ini termasuk, "Inflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, harga perumahan yang mahal, resesi sektor swasta, dan korupsi."

Harian ultrakonservatif Javan meminta pemerintah baru untuk menerapkan rencana khusus untuk menyelesaikan masalah yang mendesak. Ia mengutip air dan listrik, bahan pokok, dan vaksinasi sebagai salah satu masalah yang perlu diselesaikan dalam jangka pendek.

Pemadaman bergilir dimulai di Teheran dan kota-kota besar lain pada bulan lalu. Para pejabat menyalahkan dampak kekeringan pada pembangkit listrik tenaga air serta melonjaknya permintaan.

Demonstran turun ke jalan-jalan di provinsi Khuzestan di barat daya karena kekurangan air. Surat kabar reformis Shargh mengungkapkan harapan bahwa permainan politik akan membuka jalan bagi persaingan intelektual yang sehat dan wacana serta suara yang berbeda dalam pemerintahan baru.

Baca juga: Ebrahim Raisi Dilantik Sebagai Presiden Iran

"Itu hanya akan mungkin dengan mempromosikan kebebasan pers dan media dan toleransi yang besar dari anggota pemerintah," tambahnya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

MICHAEL DANTAS / STR / AFP

Alami Gizi Buruk, Anak-anak Suku Asli Amazon Dirawat di Rumah Sakit

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 14:59 WIB
Beberapa anak dari suku Yanomami menderita pneumonia, sementara anak yang lainnya terkena malaria. Beberapa anak bahkan mengalami...
Anatolii Stepanov / AFP

Zelensky Minta IOC Larang Rusia dan Belarus Ikuti Olimpiade 2024

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 14:43 WIB
Thomas Bach mengatakan bahwa atlet Rusia dan Belarusia dapat berkompetisi di Olimpiade 2024 di Paris, tetapi hanya jika mereka bertanding...
KCNA VIA KNS / AFP

Adik Kim Jong-un Turut Kecam AS yang Kirim Tank Abrams ke Ukraina

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 13:36 WIB
 Kim Yo Jong, mengutuk keputusan Amerika Serikat (AS) untuk memasok tank-tank tempur canggih kepada Ukraina dalam membantu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya