Kamis 05 Agustus 2021, 17:01 WIB

Deretan Masalah yang Menanti Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi

Mediaindonesia.com | Internasional
Deretan Masalah yang Menanti Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi

AFP/Kepresidenan Iran.
Ebrahim Raisi.

 

PRESIDEN baru Iran Ebrahim Raisi mengambil sumpah di depan parlemen, Kamis (5/8). Iran menghadapi ekonomi yang terpukul oleh sanksi AS, krisis kesehatan yang parah, dan negosiasi yang sulit tentang program nuklirnya.

Beberapa surat kabar Iran mencatat sejumlah tantangan setelah pelantikannya. Salah satunya, sanksi AS yang mencekik Iran, ekspor vital minyaknya, dan ekonomi berkontraksi lebih dari 6% pada 2018 dan 2019.

"Raisi harus menghadapi banyak tantangan karena banyaknya masalah," tulis editorial surat kabar Kayhan yang ultrakonservatif, Rabu (4/8). Tantangan ini termasuk, "Inflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, harga perumahan yang mahal, resesi sektor swasta, dan korupsi."

Harian ultrakonservatif Javan meminta pemerintah baru untuk menerapkan rencana khusus untuk menyelesaikan masalah yang mendesak. Ia mengutip air dan listrik, bahan pokok, dan vaksinasi sebagai salah satu masalah yang perlu diselesaikan dalam jangka pendek.

Pemadaman bergilir dimulai di Teheran dan kota-kota besar lain pada bulan lalu. Para pejabat menyalahkan dampak kekeringan pada pembangkit listrik tenaga air serta melonjaknya permintaan.

Demonstran turun ke jalan-jalan di provinsi Khuzestan di barat daya karena kekurangan air. Surat kabar reformis Shargh mengungkapkan harapan bahwa permainan politik akan membuka jalan bagi persaingan intelektual yang sehat dan wacana serta suara yang berbeda dalam pemerintahan baru.

Baca juga: Ebrahim Raisi Dilantik Sebagai Presiden Iran

"Itu hanya akan mungkin dengan mempromosikan kebebasan pers dan media dan toleransi yang besar dari anggota pemerintah," tambahnya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Alexander NEMENOV

Rusia Catat Rekor Kematian Harian Akibat Covid -19

👤Nur AivanniĀ  🕔Rabu 20 Oktober 2021, 19:09 WIB
Negara tersebut mencatat 34.074 kasus baru akibat virus korona, menurut penghitungan...
AFP.

Perubahan Iklim Dituding sebagai Penyebab Banjir India dan Nepal

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:59 WIB
Para ahli mengatakan bahwa mereka merupakan korban dari cuaca yang semakin tidak terduga dan ekstrem dalam beberapa tahun terakhir di Asia...
Chris DELMAS / AFP

Facebook Diminta Hentikan Proyek Mata Uang Kripto

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 17:53 WIB
Facebook pada 2019 lalu mengumumkan rencana proyek mata uang kripto, namun, dengan segera ditentang legislator di berbagai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya