Kamis 05 Agustus 2021, 07:01 WIB

Kasus Covid-19 di AS Naik Lagi, Obama Sederhanakan Pesta Ulang Tahun Ke-60

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kasus Covid-19 di AS Naik Lagi, Obama Sederhanakan Pesta Ulang Tahun Ke-60

AFP/Ricardo ARDUENGO
Mantan Presiden AS Barack Obama

 

MANTAN Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyederhanakan rencana pesta ulang tahunnya yang ke-60, akhir pekan ini, dengan mengurangi daftar undangan seiring merebaknya covid-19 varian Delta di negara itu.

"Pesta di luar ruangan itu telah direncanakan beberapa bulan lalu sesuai protokol kesehatan covid-19," ujar juru bicaa Obama, Hannah Hankins, sehari setelah rencana pesta ulang tahun itu dikritik kelompok konservatif.

"Akibat penyebaran covid-19 varian Delta, selama beberapa pekan terakhir, Obama dan istri memutuskan mengurangi kapasitas pesta ulang tahun itu menjadi hanya keluarga dan teman dekat saja," lanjut Hankins.

Baca juga: Wapres AS Tolak Klaim Tiongkok di Laut China Selatan Selama Kunjungan ke Asia

Pesta ulang tahun Obama akan digelar pada Sabtu (7/8) di Martha's Vineyard dan diperkirakan akan dihadiri ratusan orang yang terdiri dari mantan pejabat pemerintah AS, anggota Partai Demokrat, dan selebritas, termasuk George Clooney, Steven Spielberg, dan Oprah Winfrey.

Pesta itu akan digelar di tempat terbuka, sesuai dengan aturan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Seluruh tamu undangan juga wajib telah divaksin dan menunjukkan hasil tes negatif covid-19.

Meski begitu, kelompok konservatif tetap melontarkan kritik terhadap Obama, yang berulang tahun ke-60 pada Rabu (4/8).

Jim Jordan, pendukung setia Donald Trump, mencicit, "Coba ini adalah pesta yang digelar Presiden Trump, Partai Demokrat pasti sudah kebakaran jenggot dan berkata 'Bagaimana mungkin dia sedemikian sembrono' atau 'Mereka membunuh banyak orang'."

"Apakah ada pengecualian jika pesta digelar oleh selebritas liberal kaya?" timpal Ketua Komite Nasional Partai Republik Ronna McDaniel.

Pemerintahan Trump dikecam karena menggelar acara yang tidak mewajibkan penggunaan masker di Gedung Putih atau tempat lain saat pandemi covid-19 melanda AS.

Salah satunya adalah pesta pascapelantikan Amy Coney Barrett sebagai anggota Mahkamah Agung, yang diduga menjadi superspreader yang menyebabkan ratusan orang terinfeksi covid-19, termasuk Trump.

Sebanyak 18 kampanye Trump juga menyebabkan lebih dari 30 ribu kasus covid-19 dan kemungkinan lebih dari 700 kematian. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Israel akan Tambah 3.000 Izin lagi bagi Pedagang Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:26 WIB
Badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab untuk urusan sipil di wilayah Palestina, COGAT, mengatakan jumlah izin pedagang...
AFP/Khalil Mazraawi.

Didera Isu Korupsi, Ikhwanul Muslimin bakal Terpecah Menjadi Dua?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:49 WIB
Mounir menunjuk Osama Suleiman dan Sohaib Abdel-Maqsoud yang berbasis di London sebagai juru bicara kelompok...
AFP/Joseph Prezioso.

Bulan Depan, AS Suntik Vaksin Covid-19 kepada Anak Usia 5-11

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:21 WIB
Tim ahli CDC akan bertemu pada 2-3 November mendatang. Badan tersebut diharapkan untuk membuat rekomendasi segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya