Minggu 01 Agustus 2021, 18:30 WIB

Iran Tolak Tuduhan Israel Soal Serangan Kapal Tanker

Nur Aivanni | Internasional
Iran Tolak Tuduhan Israel Soal Serangan Kapal Tanker

AFP/Jorge Guerrero
Ilustrasi - Kapal tanker Grace I yang membawa minyak dari Iran ditahan otoritas Inggris di Gibraltar.

 

KEMENTERIAN Luar Negeri Iran, pada Minggu, menolak tuduhan tak berdasar setelah Israel menyalahkan negara tersebut atas serangan mematikan terhadap sebuah kapal tanker minyak di lepas pantai Oman.

"Rezim Zionis harus menghentikan tuduhan tak berdasar seperti itu, dan ini bukan pertama kalinya mereka mengarahkan tuduhan semacam itu ke Iran," kata Juru Bicara Kementerian Saeed Khatibzadeh kepada wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.

Baca juga: Indonesia Terima 3,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Moderna dari AS

Khatibzadeh mengutuk pernyataan itu. "Iran tidak akan ragu sejenak untuk membela kepentingan dan keamanan nasionalnya," tambahnya.

MT Mercer Street, yang dikelola oleh miliarder Israel Eyal Ofer, dihantam pada Kamis di lepas pantai Oman, dalam sebuah insiden yang dituduhkan Israel dilakukan oleh Iran.

Pada Jumat, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan dia telah memerintahkan diplomat negara untuk mendorong tindakan PBB melawan "terorisme Iran".

Dua anggota awak tewas, dalam apa yang militer AS dan operator kapal katakan tampaknya merupakan serangan pesawat tak berawak.

Operator kapal Zodiac Maritime mengatakan seorang penjaga keamanan asal Inggris dan seorang anggota awak asal Rumania tewas dalam serangan itu.

Dikatakan Zodiac Maritime, kapal tanker produk minyak tersebut sedang melakukan perjalanan dari Dar es Salaam di Tanzania ke Fujairah di Uni Emirat Arab tanpa kargo ketika ditabrak. (AFP/OL-6)

Baca Juga

Aamir QURESHI / AFP

PM Pakistan Serukan Kerja Sama dengan Taliban, PM India Bereaksi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 10:09 WIB
Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menuduh pemerintah India melakukan teror terhadap umat...
AFP.

Rusia Minta AS Dekati Iran Lebih Aktif demi Kesepakatan Nuklir

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 09:40 WIB
Diskusi antara Iran dan lima negara yang tersisa yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan itu dimulai di Wina pada...
AFP/Thomas Coex.

Prancis akan Gandakan Dosis Vaksin Covid-19 untuk Negara Miskin

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 08:25 WIB
Pada Rabu, Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka akan menggandakan sumbangan dosis vaksinnya, sehingga total kontribusinya menjadi 1,1...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya