Minggu 01 Agustus 2021, 15:34 WIB

Indonesia Terima 3,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Moderna dari AS

Dhika Kusuma Winata | Internasional
Indonesia Terima 3,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Moderna dari AS

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

 

INDONESIA menerima 3,5 juta dosis vaksin covid-19 Moderna dari Amerika Serikat (AS) yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (1/8) siang. Tambahan 3,5 juta dosis itu menjadi ketibaan ketiga vaksin Moderna ke Indonesia dari AS melalui Covax Facility.

"Sebelumnya Indonesia telah menerima 4.500.160 dosis vaksin dari AS dalam dua tahap. Dengan kedatangan hari ini, maka jumlah vaksin Moderna dukungan kerja sama pemerintah AS melalui Covax Facility yang telah diterima Indonesia adalah 8.000.160 dosis vaksin jadi," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan pernyataan pers, Minggu (1/8).

Menlu Retno menyampaikan Indonesia mengapresiasi pemerintah Amerika Serikat atas dukungan tambahan vaksin Moderna itu. Kerjasama melalui mekanisme dose-sharing vaksin itu diharapkan menjadi salah satu cara penting agar dunia dapat keluar dari pandemi ini.

"Dengan ketibaan vaksin Moderna 3,5 juta ini, maka Indonesia telah menerima 178.357.880 dosis vaksin yang terdiri dari vaksin curah atau bulk sebesar 144.700.280 dan vaksin jadi sebesar 33.657.600 (dosis)," imbuh Retno.

Menku Retno juga mengumumkan esok Senin 2 Agustus 2021 Indonesia juga akan menerima 620.000 dosis vaksin Astrazeneca dukungan kerja sama dose-sharing bilateral dari pemerintah Inggris. Menurut rencaa, juga akan ada pengiriman berikutnya yang jumlahnya belum dapat disampaikan.

"Dukungan vaksin dari Inggris ini juga merupakan hasil komunikasi intensif yang dilakukan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab. Diskusi terakhir kita lakukan untuk mematangkan kerja sama dose-sharing ini saya lakukan dengan Secretary Raab di sela-sela pertemuan G-20 di Mattera, Italia pada 29 Juni 2021," tutur Retno. (Dhk/OL-09)

Baca Juga

AFP/Kena Betancur.

Indonesia Tolak Tuduhan Vanuatu di PBB soal Pelanggaran HAM Papua

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 12:05 WIB
Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman Weibur menyinggung masalah pelanggaran hak asasi manusia di dunia yang masih terjadi secara luas dalam...
Aamir QURESHI / AFP

PM Pakistan Serukan Kerja Sama dengan Taliban, PM India Bereaksi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 10:09 WIB
Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menuduh pemerintah India melakukan teror terhadap umat...
AFP.

Rusia Minta AS Dekati Iran Lebih Aktif demi Kesepakatan Nuklir

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 26 September 2021, 09:40 WIB
Diskusi antara Iran dan lima negara yang tersisa yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan itu dimulai di Wina pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya