Selasa 25 Mei 2021, 10:15 WIB

Biden Kecam Aksi Belarus Paksa Penerbangan Komersial Mendarat

Basuki Eka Purnama | Internasional
Biden Kecam Aksi Belarus Paksa Penerbangan Komersial Mendarat

AFP/PETRAS MALUKAS
Dua demonstran membawa spanduk bertuliskan, "Saya Protasevich" di bandara Lithuania saat pesawat Ryanair mendarat.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Senin (24/5), mengecam aksi keterlaluan pemerintah Belarus yang memaksa penerbangan komersial dari Yunani ke Lithuania mendarat di Minsk demi menangkan seorang wartawan yang ada di pesawat itu.

"Insiden yang sangat keterlaluan ini dan video Pratasevich terlihat berada di bawah tekanan adalah serangan memalukan terhadap lawan politik dan kebebasan pers," ujar Biden.

"Saya menyambut kabar bahwa Uni Eropa menyerukan sanksi ekonomi dan sanksi lainnya serta telah meminta tim saya menyiapkan opsi yang layak agar mereka yang bertanggung jawab dihukum," lanjutnya.

Baca juga: Uni Eropa Ancam Batasi Lalu Lintas Udara Belarus

Presiden Belarus Alexander Lukashenko memicu kecaman internasional karena mengirimkan pesawat tempur untuk mencegat penerbangan Ryanair dari Athena ke Vilnius, yang membawa Protasevich, 26, dan kekasihnya Sofia Sapega.

Pemimpin Uni Eropa, Senin (24/5), sepakat untuk menutup lalu lintas udara dengan Belarus dan menjatuhkan snaksi ekonomi bagi Belarus.

"AS bergabung dengan negara-negara dunia lainnya meminta Pratasevich dibebaskan serta pembebasan ratusan tahanan politik oleh rezim Lukashenko," tegas Biden. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/GIORGIO VIERA

Republik Bela Trump yang Rumahnya Digeledah FBI

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:34 WIB
Politikus Partai Republik di DPR AS Kevin McCarthy mengatakan Departemen Kehakiman yang dipimpin Jaksa Agung Merrick Garland...
AFP

Tiongkok Rilis Buku Putih, Peringatkan Tidak akan Tolerir Separatis di Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:45 WIB
Dokumen tersebut menguraikan bagaimana Tiongkok bermaksud untuk mengklaim Wilayah Taiwan melalui berbagai insentif ekonomi dan tekanan...
ANTARA/Nova Wahyudi

Larangan UE Impor Batu Bara Rusia Mulai Berlaku

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:51 WIB
Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) tidak akan diizinkan untuk mengimpor batubara lagi dari Rusia setelah masa transisi embargo blok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya