Minggu 02 Mei 2021, 07:26 WIB

Ribuan Pendukung Bolsonaro Turun ke Jalan di Brasil

Nur Aivanni | Internasional
Ribuan Pendukung Bolsonaro Turun ke Jalan di Brasil

AFP/Sergio LIMA
Ribuan orang turun ke jalan menunjukkan dukungan mereka untuk Presiden Jair Bolsonaro di Brasilia, Brasil.

 

BEBERAPA ribu warga Brasil menggelar aksi unjuk rasa pada Sabtu (1/5) untuk mendukung Presiden Jair Bolsonaro dengan mengabaikan pandemi yang melonjak bahkan ketika lawan pemerintah melakukan aksi protes mereka sendiri secara daring. Aksi unjuk rasa digelar di Brasilia, Sao Paulo, dan Rio de Janeiro.

Brasil, dengan lebih dari 403.000 kematian akibat covid-19, berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat (AS) dalam kategori suram itu dan Bolsonaro menghadapi kritik yang luas karena tidak menanggapi pandemi dengan lebih serius.

Dua pekan lalu, Bolsonaro mengatakan dia menunggu tanda dari rakyat sebelum mengambil tindakan untuk mencabut pembatasan yang diberlakukan oleh wali kota atau gubernur untuk mengekang penyebaran covid-19.

Baca juga: Ratusan Warga Protes Pembatasan Covid-19 di Finlandia dan Swedia

Baru-baru ini, dia mengatakan kepada pewawancara televisi bahwa suatu hari tentara bisa turun ke jalan untuk memastikan penghormatan terhadap konstitusi dan kebebasan untuk datang dan pergi.

Di Rio, Sabtu (1/5), beberapa ratus pengunjuk rasa tampaknya menanggapi seruan Bolsonaro itu. Berkumpul di sepanjang pantai Copacabana yang terkenal, mereka melambaikan spanduk menuntut intervensi militer untuk memperkuat kekuasaan Bolsonaro.

Sebuah slogan yang secara luas terlihat di berbagai aksi unjuk rasa adalah "Autoriso Bolsonaro" ("Saya mengizinkan Bolsonaro") untuk mengirim tentara.

Di Brasilia, beberapa ribu orang berkumpul di Esplanade of Ministries saat Bolsonaro lewat sebentar di atas dengan helikopter.

Salah satu putranya, Eduardo Bolsonaro, mengarungi kerumunan, maskernya dikenakan di sekitar dagunya, berfoto dengan pendukung, yang wajahnya juga tidak tertutup masker.

"Ini saat kritis dan Bolsonaro membutuhkan dukungan rakyat," kata Edvaldo de Paulo, seorang demonstran berusia 60 tahun, kepada AFP di Brasilia. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Tiongkok Nilai AS Abaikan Penderitaan Palestina

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 18:38 WIB
AS memblokir pertemuan Dewan Keamanan PBB yang semula dijadwalkan pada Jumat waktu setempat, meski pertumpahan darah Israel-Palestina...
AFP

Jurnalis Jepang Dideportasi dari Myanmar

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:15 WIB
Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi membenarkan bahwa wartawan tersebut meninggalkan Myanmar menuju Jepang pada Jumat...
Ilustrasi

WHO: Varian Virus Korona India-Afrika Selatan Ditemukan di AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 13:30 WIB
Varian terbaru, varian B.1.617 dari India, katanya, telah terdeteksi dalam kasus di delapan negara Amerika, termasuk Kanada dan Amerika...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya