Minggu 25 April 2021, 07:44 WIB

Brasil Capai Rekor Korban Meninggal Akibat Covid-19

Nur Aivanni | Internasional
Brasil Capai Rekor Korban Meninggal Akibat Covid-19

MICHAEL DANTAS / AFP
Petugas kesehatan melakukan vaksinasi kepada warga di Rio Negro, dekat Manaus, Amazon, Brasil.

 

BRASIL menandai tonggak sejarah yang suram pada Sabtu, ketika bulan April menjadi bulan paling mematikan dalam epidemi covid-19 di negara itu. Negara di Amerika Selatan itu mencatat 67.977 kematian sejauh ini pada April. Angka tersebut, kata Kementerian Kesehatan, menjadikannya bulan paling mematikan sebelum berakhir, melampaui 66.573 kematian pada Maret.

Hanya dalam 24 jam terakhir, Brasil mencatat 3.076 kematian, dengan rata-rata tujuh hari 2.545 kematian per hari. Sementara itu, 71.137 infeksi baru juga tercatat pada Sabtu, dengan rata-rata harian lebih dari 60.000 kasus baru dalam dua pekan terakhir.

Negara terpadat di Amerika Latin itu telah mencatat lebih dari 380.000 kematian di antara 212 juta penduduknya. Hanya Amerika Serikat yang terkena dampak lebih buruk secara absolut, tetapi tingkat kematian Brasil per 100.000 penduduk adalah yang tertinggi di Amerika dan belahan bumi selatan.

Terlepas dari data tersebut, para ahli mengatakan kurva infeksi dan kematian sebenarnya stabil di Brasil.

baca juga: Pandemi Covid-19 Brasil

Institut kesehatan masyarakat Brasil Fiocruz, pada Jumat, melaporkan bahwa dalam dua minggu terakhir telah terjadi stabilisasi kasus dan kematian akibat covid-19, yang menjadi ciri tingkat transmisi baru. Tingkat kematian, katanya, akan berkisar sekitar 3.000 per hari dalam beberapa minggu mendatang.

Brasil telah memvaksinasi penuh hanya 5,8 persen dari populasinya. Kementerian Kesehatan berencana menyelesaikan kelompok prioritas vaksinasi, yang terdiri dari 77 juta orang, pada September. (AFP/OL-3)

 

Baca Juga

Ant/Suwandy

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina saat Bentrokan di Tepi Barat

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:55 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan Palestina mengatakan bahwa seorang remaja Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel pada Sabtu pagi dalam serangan...
MI/Palce Amalo

Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:35 WIB
RAKYAT Timor Leste yakin Presiden Ramos Horta akan memenuhi janjinya menjadi presiden bagi seluruh warga, serta mampu membawa negara itu...
Johan ORDONEZ / AFP

Terlibat Korupsi, Dua Putra Mantan Presiden Panama Diadili di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:27 WIB
Luis Enrique dan Ricardo Martinelli divonis dituduh menerima suap sebesar $28 juta dari kelompok konstruksi tersebut, di mana $19 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya