Senin 15 Maret 2021, 06:43 WIB

SIA Jadi Maskapai Pertama yang Uji Aplikasi Travel Pass IATA

Basuki Eka Purnama | Internasional
SIA Jadi Maskapai Pertama yang Uji Aplikasi Travel Pass IATA

AFP/ROSLAN RAHMAN
Seorang awak kabin Singapore Airlines menyambut para penumpang yang akan memasuki pesawat di Bandara Changi, Singapura.

 

SINGAPORE  Airlines (SIA) menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang melakukan uji coba aplikasi seluler Travel Pass International Air Transport Association (IATA) untuk verifikasi kesehatan digital. Pengujian itu dimulai dengan penumpang yang melakukan perjalanan dari Singapura ke London antara 15 dan 28 Maret 2021.

Hal itu menandai fase kedua uji coba proses verifikasi kesehatan digital SIA, yang didasarkan pada kerangka kerja IATA Travel Pass.

Penumpang dengan ponsel yang menggunakan sistem operasi iOS Apple akan diundang untuk mengunduh aplikasi IATA Travel Pass dan membuat ID digital yang terdiri dari foto profil dan informasi paspor mereka. Mereka juga dapat memasukkan informasi penerbangan mereka ke dalam aplikasi.

Baca juga: Akhir 2021, Singapura bakal Buka Perbatasan untuk Turis

Selanjutnya, mereka dapat memesan tes covid-19 sebelum keberangkatan di salah satu dari tujuh klinik yang berpartisipasi di Singapura melalui portal online khusus.

Para penumpang kemudian dapat mendaftar di klinik menggunakan ID digital dan informasi penerbangan di aplikasi.

Hasil tes dapat dilihat langsung di aplikasi beserta dengan status konfirmasi untuk perjalanan. Data-data di Timatic IATA akan memberikan informasi tentang pengujian covid-19 dan persyaratan masuk.

Peserta harus menunjukkan status terkonfirmasi mereka di aplikasi kepada staf check-in di Bandara Changi sebelum keberangkatan penerbangan.  

Sejalan dengan dengan persyaratan regulasi saat ini, mereka juga harus membawa salinan fisik sertifikat kesehatan yang dikeluarkan oleh klinik tempat mereka menjalani tes covid-19.

Dengan menggabungkan verifikasi kredensial kesehatan ke dalam satu aplikasi, peserta dapat mengharapkan proses check-in yang lebih cepat dan lancar. Peserta akan memiliki kendali penuh atas

Bagaimana informasi pribadi mereka dibagikan, karena data disimpan secara lokal di ponsel, dan bukan di database pusat mana pun. Hal itu penting mengingat sifat data kesehatan yang sangat sensitif.

Jika berhasil, uji coba ini akan membuka jalan bagi integrasi seluruh proses verifikasi kesehatan digital ke dalam aplikasi seluler SingaporeAir mulai sekitar pertengahan 2021, sekali lagi menggunakan kerangka Travel Pass IATA.

SIA akan terus bekerja sama dengan mitranya di Singapura dan di seluruh dunia untuk memfasilitasi uji coba ini, dan menuju pemulihan pengalaman perjalanan yang mulus bagi pelanggannya.

Acting Senior Vice President Marketing Planning Singapore Airlines JoAnn Tan mengatakan, "Tahap pertama uji coba membantu mendukung upaya SIA menuju standar industri yang aman dan nyaman untuk verifikasi hasil uji Covid-19, dan status kesehatan penumpang termasuk status vaksinasi mereka, di masa mendatang."

"Hal ini memberi kami keyakinan bahwa pada fase kedua, kami dapat lebih merampingkan proses verifikasi untuk integrasi ke dalam aplikasi seluler SIA. Ini akan membantu memberikan solusi digital yang tidak merepotkan bagi pelanggan kami dalam kehidupan normal baru, dan membantu menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih mulus," lanjutnya.

IATA's Senior Vice President Airport, Passenger, Cargo, and Security Nick Careen mengatakan, "Kemitraan kami dengan Singapore Airlines untuk penerapan penuh pertama IATA Travel Pass akan membantu dunia terbang kembali. Dalam jangka pendek, ini adalah solusi bagi wisatawan untuk mengelola kredensial kesehatan perjalanan mereka dengan aman dan terjamin. Dalam jangka panjang, elemen identitas digital IATA Travel Pass akan menempatkan penumpang Singapore Airlines pada antrian terdepan untuk pengalaman perjalanan yang lebih nyaman." (RO/OL-1)

Baca Juga

AFP/Joel Saget

Kurang Dosis, Sebagian Negara Miskin Tangguhkan Vaksinasi Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:45 WIB
Kekurangan sering kali membuat orang yang telah menerima satu dosis vaksin covid-19 harus menunggu terlalu lama sebelum mendapatkan...
AFP/Iranian Presidency.

Presiden Terpilih Iran Ebraham Raisi si Juaranya Orang Miskin

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:31 WIB
Bagi pendukung setianya, dia harapan terbaik Iran untuk melawan Barat dan membawa bantuan dari krisis ekonomi yang...
ATTA KENARE / AFP

Ulama Garis Keras Ebrahim Raisi Menangi Pilpres Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 15:08 WIB
ultrakonservatif Ebrahim Raisi memenangi pemilihan presiden (pilpres) Iran dengan mayoritas suara, menurut pengumuman resmi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya