Kamis 04 Maret 2021, 22:20 WIB

Eropa Tinjau Vaksin Sputnik V Buatan Rusia

Mediaindonesia.com | Internasional
Eropa Tinjau Vaksin Sputnik V Buatan Rusia

aa.com.tr
Sputnik V

 

Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) pada Kamis mengatakan sedang meninjau vaksin Covid-19 Sputnik V yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya Rusia untuk persetujuan di kawasan tersebut.

Komite obat-obatan manusia EMA akan meninjau data dari uji coba vaksin yang masih berlangsung sampai tersedia data klinis yang cukup untuk persetujuan, kata badan tersebut.

Sputnik V hampir 92 persen ampuh melawan COVID-19, berdasarkan hasil uji coba tahap akhir yang ditinjau sejawat yang dipublikasi di jurnal medis The Lancet pada bulan lalu.

Vaksin Covid dua-kali suntikan itu menggunakan dua jenis virus flu biasa yang dilemahkan untuk menghasilkan protein pembentuk imun ke tubuh manusia.

"Tinjauan bergulir" EMA bertujuan mempercepat proses persetujuan vaksin, dengan memungkinkan para peneliti mengajukan temuan-temuan riset dalam waktu seketika, bahkan sebelum data uji klinis tahap akhir tersedia.

Rusia berharap sejumlah negara Eropa merestui vaksin Covid-19 Sputnik V buatannya Maret ini, kata pimpinan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF).

Eropa sejauh ini telah menyetujui vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech, Moderna dan AstraZeneca -universitas Oxford, sementara tinjauan untuk calon vaksin CureVac dan Novavax masih berlangsung.

EMA juga berharap dapat mengumumkan keputusannya mengenai vaksin Covid-19 buatan J&J pada 11 Maret. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Jim Watson.

Joe Biden Sampaikan Salam Ramadan untuk Muslim di Seluruh Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:03 WIB
Dia mengatakan bahwa pada bulan Ramadan, di mana para umat Muslim menunaikan ibadah puasa, mereka yang memulai berpuasa di AS diingatkan...
AFP/William West.

Selandia Baru Wajibkan Bank Laporkan Dampak Bisnis terhadap Iklim

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 17:14 WIB
RUU tersebut, yang telah diperkenalkan ke parlemen negara tersebut, mengharuskan perusahaan keuangan untuk menjelaskan cara mereka...
DAWEI WATCH / AFP

Kendati Libur Thingyan, Demo Anti-Kudeta Militer Myanmar Berlanjut

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 16:20 WIB
Kendati libur nasional, para aktivis pro-demokrasi Myanmar berjanji untuk mengadakan serangkaian aksi protes pekan ini untuk terus menekan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya