Jumat 18 Desember 2020, 11:38 WIB

Belanda akan Mulai Vaksinasi Covid-19 pada 8 Januari

Basuki Eka Purnama | Internasional
Belanda akan Mulai Vaksinasi Covid-19 pada 8 Januari

AFP/Remko de Waal / ANP
Pelancong mengenakan masker saat mengantre di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda.

 

BELANDA akan memulai vaksinasi covid-19 pada 8 Januari, hampir dua pekan setelah awal vaksinasi terkoordinasi di Eropa. Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge, Kamis (17/12).

De Jonge mengatakan tanggal itu merupakan yang tercepat bagi Belanda. Tanggal itu juga tergantung dari hasil pertemuan Badan Obat Eropa (EMA) soal vaksin Pfizer/BioNTech pada Senin (21/12).

Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Senin (14/12), mengatakan Uni Eropa akan memulai vaksinasi covid-19 pada 27 Desember dalam upaya memerangi penyakit mematikan itu.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 di Eropa Tembus 500 Ribu

Namun, De Jonge mengatakan negaranya butuh mengambil langkah tambahan, termasuk mengeluarkan saran darurat mengenai penggunaan vaksin bagi kelompok umur tertentu.

"Tanggal itu adalah yang tercepat mengingat segala persyaratan dan langkah yang harus diambil setelah adanya persetujuan dari EMA," ujar menteri yang juga merupakan wakil perdana menteri itu.

"Pada akhirnya, vaksinasi menyeluruh adalah target kami. Kami hanya bisa mencapainya jika warga percaya pada vaksin dan proses vaksinasi," lanjutnya.

Staf panti jompo serta para perawat merupakan kelompok prioritas untuk mendapatkan vaksinasi covid-19.

Pemerintah Belanda mengumumkan kasus harian covid-19 sebanyak 13 ribu pada Selasa (15/12). Lebih dari 10 ribu orang telah meninggal dunia akibat penyakit itu di Belanda. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Punit Paranjpe.

India Umumkan Dua Kasus Pertama Varian Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:47 WIB
Kota terbesar di negara itu Mumbai pada Rabu memberlakukan karantina tujuh hari wajib untuk semua penumpang yang datang dari negara-negara...
AFP/Michael Tewelde.

Afrika: Jangan Panik Tetap Tenang Hadapi Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:37 WIB
Beberapa pemerintah Eropa dengan cepat memperkenalkan kembali tindakan keras termasuk wajib mengenakan masker dan menjaga jarak...
AFP/Gil Cohen-Magen.

PM Israel Serukan AS Hentikan Segera Pembicaraan Nuklir Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 18:42 WIB
Blinken memberi tahu Bennett tentang yang terjadi dalam pembicaraan sejak dimulainya kembali pada Senin setelah jeda lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya