Jumat 11 September 2020, 08:48 WIB

Kasus Covid-19 di Amerika Latin Tembus Angka 8 juta

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kasus Covid-19 di Amerika Latin Tembus Angka 8 juta

AFP/NELSON ALMEIDA
Warga Brasil memeluk saudarinya yang berada di panti jompo melalui tirai plastik karena meningkatnya kasus covid-19 di negara itu.

 

KASUS covid-19 di Amerika Latin, kawasan dengan infeksi tertinggi di dunia, menyentuh angka 8 juta, Kamis (10/9), meski ada indikasi penyebaran virus itu kini melandai di sejumlah negara.

Selama sepekan terakhir, rata-rata kasus harian di kawasan tersebut turun menjadi 67.173 hingga Rabu (9/9) dibandingkan 80.512 kasus pada pekan sebelumnya, berdasarkan data pemerintah.

Brasil, yang mengalami wabah terparah di kawasan tersebut, masih berada di urutan teratas di Amerika Latin untuk kasus dan kematian akibat covid-19, dengan total 4,2 juta infeksi dan 128 ribu lebih kematian.

Baca juga: AstraZeneca Optimistis Ada Vaksin Covid-19 Tahun Ini

Akan tetapi, pejabat Brasil mencatat penurunan infeksi dalam beberapa hari belakangan.

Pada Kamis (10/9), Brasil melaporkan 40.557 kasus baru, sehingga jumlah kasus di Amerika Latin menyentuh angka 8 juta.

Penurunan rata-rata kasus covid-19 juga terjadi di Peru, Kolombia, dan Meksiko, negara-negara dengan kasus tertinggi setelah Brasil.

Lebih dari 900 ribu orang di seluruh dunia meninggal karena covid-19, dengan Amerika Serikat, Brasil, India, serta Meksiko mencatat kematian terbanyak.

Tidak sedikit pemimpin Amerika Latin kini berjuang meminimalisasi dampak ekonomi akibat pandemi yang telah memicu kemerosotan finansial terbesar di banyak negara.

Sektor pariwisata kawasan itu diperkirakan merugi sekitar US$230 miliar (sekitar Rp3.461 triliun) tahun ini sebagai imbas dari penutupan perbatasan dan penurunan tajam perjalanan internasional. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/RESIDENCIA VENEZUELA

Maduro : Venezuela Akan Produksi Vaksin Covid-19 Buatan Kuba

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 11:01 WIB
Presiden Venezuela Nicolas Maduro berharap negaranya dapat memproduksi dua juta dosis vaksin virus korona Abdala  per bulan yang...
Jordanian Royal Palace / AFP

Pangeran Hamzah Tampil Perdana Dengan Raja Abdullah II

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 08:25 WIB
Pangeran Yordania Hamzah, pada Minggu, tampil di depan publik untuk pertama kalinya sejak ia menjalani tahanan rumah pekan lalu,...
AFP/Atta Kenare

Badan Atom Iran Sebut Fasilitas Nuklir Diserang Aksi Terorisme

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 07:28 WIB
Kamalvandi mengatakan telah terjadi kecelakaan di bagian sirkuit listrik fasilitas pengayaan di kompleks Natanz dekat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya