Rabu 20 Mei 2020, 07:39 WIB

Tom Moore Dapat Gelar Bangsawan Inggris

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tom Moore Dapat Gelar Bangsawan Inggris

AFP/Emma SOHL / CAPTURE THE LIGHT
Kapten Tom Moore berpose dengan kue ulang tahun saat merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

 

PEMERINTAH Inggris, Selasa (19/5), memberikan gelar bangsawan kepada veteran Perang Dunia II Tom Moore, yang sukses menjadi pahlawan nasional setelah mengumpulkan dana untuk tenaga kesehatan selama pandemi covid-19.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menominasikan pria berusia 100 tahun itu untuk meraih gelar bangsawan setelah dia sukses mengumpulkan dana sebesar 32,8 miliar pound sterling dengan berjalan keliling taman rumahnya.

Moore menargetkan melakukan 100 kali keliling taman sepanjang 25 meter sebelum berulang tahun ke-100 untuk mengumpulkan dana sebesar 1.000 pound sterling untuk tenaga kesehatan.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Covid-19 di Inggris Lewati Angka 41 Ribu

Namun, dana mulai mengalir setelah upaya menarik perhatian nasional dan internasional sebagai kabar baik di tengah pandemi covid-19.

Pesawat tempur Royal Air Force melakukan terbang lintas di hari ulang tahun Moore dan sebanyak 140 ribu orang mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun untuk kapten Angkatan Darat Inggris itu. Adapun Angkatan Darat Inggris, tempat Moore mengabdi dan ditempatkan di India dan Myanmar, menberinya pangkat kehormatan Kolonel.

"Aksi pengumpulan dana Kolonel Tom sukses memecahkan rekor, menjadi inspirasi bagi warga kami, dan menjadi terang di tengah kabut covid-19," ujar Johnson.

"Atas nama semua orang yang tergerak oleh kisah luar biasa ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Anda. Anda adalah harta nasional," imbuhnya.

Pemberian gelar kebangsawanan yang diikuti dengan titel Sir, akan diberikan secara resmi oleh Ratu Elizabeth II. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Kemlu: BNPB Berperan Penting dalam Fasilitasi Internasional

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 20:50 WIB
BNPB telah berperan aktif dalam membantu adanya fasilitasi...
AFP/Jaafar Ashtiyeh

Bahrain Tolak Produk Impor dari Permukiman Ilegal Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 19:40 WIB
Bahrain dan Uni Emirat Arab meresmikan hubungan dengan Israel pada 15 September di bawah kesepakatan yang disponsori Amerika...
AFP/Patrick Semansky

Qatar Anggap Perjanjian Abraham tidak Membantu Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 18:15 WIB
Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani juga menyampaikan masalah Palestina harus menjadi inti dari perjanjian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya