Selasa 14 April 2020, 10:38 WIB

Panti Jompo Jadi Pusat Penyebaran Covid-19 di Kanada

Willy Haryono | Internasional
Panti Jompo Jadi Pusat Penyebaran Covid-19 di Kanada

AFP/Cole Burston / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Seorang perempuan mengenakan masker menunggu kereta di Toronto, Kanada.

 

HAMPIR separuh dari total jumlah kasus virus korona (covid-19) di Kanada berasal dari panti jompo yang tersebar di seantero negeri.

Salah satu panti jompo yang menjadi sorotan berada di Quebec. Di fasilitas tersebut, 31 orang lanjut usia dilaporkan meninggal akibat covid-19.

Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins, Selasa (14/4) pagi, jumlah infeksi covid-19 di Kanada telah melampaui 25 ribu dengan 780 kematian dan 7.758 pasien sembuh.

"Sejumlah fasilitas perawatan (lansia) menyumbang angka memprihatinkan di Kanada," kata Kepala Dinas Kesehatan Publik Kanada Theresa Lam dilansir dari BBC.

Baca juga: ​​​​​​​Longgarkan Lockdown, Austria Buka Kembali Ribuan Toko

Lam mengatakan semua pihak berusaha mengendalikan penyebaran covid-19 di panti jompo, baik yang ditangani pemerintah maupun swasta.

"Hampir separuh (dari infeksi covid-19) di Kanada terkait dengan fasilitas-fasilitas semacam itu," sebut Lam.

Minggu (12/4), otoritas Quebec memulai investigasi mengenai sejumlah kematian di panti jompo Residence Herron. Kepolisian Quebec juga turut membantu investigasi tersebut.

Dari 31 kematian di Residence Herron, lima diketahui diakibatkan covid-19. Penyebab kematian 26 lansia lainnya belum dapat ditentukan.

Sementara itu, otoritas Kanada sedang membantu menangani dugaan penyebaran covid-19 di sebuah panti jompo di Dorval, wilayah pinggiran Montreal. Sejumlah panti jompo lainnya di Quebec juga tengah diawasi.

Staf di sejumlah panti jompo di Kanada telah berunjuk rasa mengenai minimnya alat pelindung diri (APD). Mereka mengaku khawatir jika harus bekerja tanpa menggunakan APD.

Sabtu (11/4), pemerintah federal Kanada mengeluarkan sejumlah panduan terbaru untuk manajemen panti jompo, mengenai cara-cara pencegahan dan penanganan covid-19. (OL-1)

Baca Juga

Matt Dunham / POOL / AFP

Ukraina Deklarasikan Invasi Rusia sebagai Genosida

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:25 WIB
Zelenskyy mengutuk serangan brutal Moskow di Donbas. Ia menambahkan bahwa pengeboman Rusia dapat membuat seluruh wilayah itu tidak...
Fabrice COFFRINI / AFP

Jerman Yakin Rusia akan Kalah

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:42 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan memenangkan perang di Ukraina, kata Kanselir Jerman Olaf...
KCNA VIA KNS / AFP

Tiongkok dan Rusia Gagalkan Sanksi AS untuk Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:33 WIB
Tiongkok dan Rusia menggunakan hak veto untuk menolak resolusi baru yang diinisiasi Amerika Serikat (AS) untuk menekan pengembangan senjata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya