Senin 17 Februari 2020, 11:29 WIB

IMF: Virus Korona Bisa Rusak Pertumbuhan Ekonomi Global 2020

Nur Aivanni | Internasional
IMF: Virus Korona Bisa Rusak Pertumbuhan Ekonomi Global 2020

AFP
IMF

 

DANA Moneter Internasional (IMF) mengatakan, epidemi virus korona bisa merusak pertumbuhan ekonomi global tahun ini. Namun, rebound ekonomi yang tajam dan cepat pun dapat terjadi.

"Mungkin ada pengurangan yang kami masih harapkan akan berada dalam persentase 0,1-0,2," kata Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva kepada Global Women's Forum di Dubai, seperti dikutip dari AFP, Senin (17/2).

Dia mengatakan dampak sebenarnya dari penyebaran virus korona yang telah merenggut nyawa lebih dari 1.600 orang akan tergantung pada seberapa cepat penyakit itu ditangani.

"Saya menyarankan semua orang untuk tidak langsung mengambil kesimpulan yang prematur. Masih ada banyak ketidakpastian. Kami masih melakukan dengan skenario, belum dengan proyeksi, tanya saya dalam 10 hari ke depan," kata Georgieva.

Georgieva mengatakan terlalu dini untuk menilai dampak sebenarnya dari epidemi virus korona. Namun, wabah tersebut telah berdampak pada sektor-sektor seperti pariwisata dan transportasi.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan karena kami belum cukup tahu apa sifat virus ini. Kami tidak tahu seberapa cepat Tiongkok akan dapat menahannya. Kami tidak tahu apakah akan menyebar ke seluruh dunia," katanya.

Dibandingkan dengan dampak sindrom pernapasan akut berat (SARS) pada tahun 2002, Georgieva mengatakan ekonomi Tiongkok saat itu hanya 8,0% dari ekonomi global. Sekarang, angka tersebut adalah 19%. (AFP/OL-2)

Baca Juga

 AFP/Atta Kenare

Ilmuwan Nuklir Iran Tewas karena Operasi Jenis Baru dan Kompleks

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 01:35 WIB
Tanpa mengutip sumber, Fars sendiri mengklaim bahwa penyerangan itu dilakukan dengan bantuan senapan mesin otomatis yang dikendalikan dari...
AFP/Hamed Malekpour/Tasnim News

Iran Antarkan Ilmuwan Nuklirnya ke Peristirahatan Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 00:50 WIB
Tampak gambar besar Fakhrizadeh di sebelah pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei serta mantan jenderal tinggi Qasem...
AFP/Iranian Defence Ministry

Siapakah Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh yang Dibunuh? (Bagian 3)

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 November 2020, 22:16 WIB
Berbicara kepada media pemerintah, Abbasi-Davani mengatakan Fakhrizadeh telah bekerja di semua bidang untuk mendukung kegiatan nuklir...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya