Minggu 22 Januari 2023, 07:35 WIB

Sejumlah Wilayah Berpeluang Mengalami Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Mediaindonesia.com | Humaniora
Sejumlah Wilayah Berpeluang Mengalami Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Warga berjalan sambil membawa payung saat hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

 

Sejumlah wilayah Indonesia pada Minggu berpeluang mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang menurut peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut peringatan dini cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang antara lain berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Bagian wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpeluang mengalami kondisi cuaca serupa.

Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang terjadi hingga Februari 2023. "Saat ini ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan," katanya.

Faktor pemicu peningkatan hujan di Jabodetabek, menurut dia, antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator dan Madden Jullian Oscillation atau MJO yang diprakirakan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera pada akhir Januari. "Kemudian, adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya," kata dia.

Guswanto juga menyampaikan bahwa selama perayaan Imlek tahun 2023, hujan dengan intensitas ringan sampai sedang serta hujan lebat dalam durasi singkat berpeluang terjadi di bagian wilayah Jabodetabek pada siang menjelang sore. "Potensi hujan masih harus diwaspadai, dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam durasi singkat," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

precisionspinecare.com

Ketahui Bahaya Mengabaikan Gejala Penyakit Syaraf

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:00 WIB
Profil pasien dengan gangguan saraf bergeser ke usia produktif, mulai 20 sampai 30 tahun ke...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Presiden Janjikan Regulasi untuk Menopang Industri Pers

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:00 WIB
Dulu isu utama para pekerja media adalah kebebasan pers. Sekarang, situasi sudah berubah. Pers tidak lagi berjuang memperoleh kebebasan,...
Ist

Universitas Alma Ata Raih Ranking ke-22 PTS Terbaik Indonesia 

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:53 WIB
Di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama, dari 270 PTNU (Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama), Universitas Alma Ata (UAA) bertengger di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya