Selasa 17 Januari 2023, 17:41 WIB

Banyak Iklan Rokok Ditemukan di Sekitar Sekolah

Atalya Puspa | Humaniora
Banyak Iklan Rokok Ditemukan di Sekitar Sekolah

MI/Ramdani
Potret petugas saat menurunkan papan reklame produk rokok.

 

LENTERA Anak melakukan pemantauan iklan, promosi dan sponsor (IPS) Rokok di sembilan kabupaten/kota layak anak. Dari pemantauan tersebut, ditemukan bahwa iklan promosi dan sponsor rokok banyak ditemukan di dekat sekolah maupun tempat berkegiatan anak-anak.

"Iklan promosi sponsor rokok dalam berbagai bentuk masih ditemukan di sejumlah wilayah. Tak terkecuali kabupaten/kota yang telah mendapatkan predikat kota layak anak utama," ungkap Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari, Selasa (17/1).

Adapun pemantauan dilakukan di Sleman, Siak, Bekasi, Tangerang, Makassar, Pesisir Selatan, Pangkal Pinang dan Banjarmasin. Sejumlah daerah tersebut sebenarnya telah memiliki peraturan mengenai kawasan tanpa rokok. Namun, belum mencakup larangan IPS rokok di seluruh wilayah sesuai indikator kota layak anak.

Baca juga: Larangan Penjualan Rokok Ketengan Bisa Tekan Perokok Remaja

Pihaknya khawatir banyaknya iklan rokok di sekitar area anak berkegiatan, dapat meningkatkan rasa penasaran anak untuk merokok. Misalnya di Bekasi, 80% titik penjualan rokok dilaporkan berada di pinggir jalan dan dilalui anak. Sementara, IPS rokok di wilayah Tangerang 50%-nya berada di sekitar sekolah.

"IPS rokok paling banyak berbentuk spanduk yang ditempatkan di titik penjualan jalan kecil. Sehingga, mudah dijangkkau dan dilihat anak-anak, serta berpotensi tidak membayar pajak reklame," jelas Lisda.

Baca juga: Waspada! Kandungan dalam Rokok Elektrik Bisa Timbulkan Efek Samping

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, terdapat 3,2 juta perokok anak di Indonesia. Apabila tidak ada intervensi, jumlah perokok anak akan melonjak hingga 16% dari total perokok di Indonesia pada 2030.

"Salah satu yang menyebabkan perokok pemula adalah iklan promosi sponsor rokok. Oleh karena itu, salah satu intervensi yang efektif adalah membuat peraturan pelarangan promosi sponsor rokok," tutupnya.(OL-11)
 

Baca Juga

Freepik.com

Self Love Bermanfaat Tingkatkan Produktivitas

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:16 WIB
"Saat kita punya self love saya percaya justru prestasi kita akan naik untuk mencapai goal atau tujuan hidup dengan seimbang,"...
Dok. Kalbe Farma

Kalbe, Budi Luhur, dan ITL Trisakti Gelar Edukasi Pengolahan Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:05 WIB
"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat,...
DOK MI

99% Masyarakat Indonesia Sudah Mempunyai Antibodi Covid

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:01 WIB
HASIL survei serologi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Januari 2023, antibodi masyarakat Indonesia terhadap virus sars-Cov2 sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya